Seberapa Greget Kamu Paham Digital Marketing?

by - October 08, 2018


Hai kamu yang lagi mampir, keadaanmu sehat-sehat aja kan? Semoga harimu jauh lebih baik dari kemarin ya. Kali ini aku akan cerita sedikit tentang kelas digital marketing yang aku ikuti malam ini, 7 Oktober 2018.  Ini Rangkuman Digital Talks 2018 versi Bogie Satriyonegoro. Simak yuk!

Acara ini bertajuk Digital Talks 2018, diadakan oleh Ngalup Coworking Space dengan mengundang pakar digital marketing, Mas Bogie SatriyonegoroPenasaran apa aja yang dibahas di Digital Taks 2018?

1. Pengetahuan digital marketing dasar yang harus kamu pahami
Mas Bogie membuka sesi berbagi dengan kuis berhadiah menggunakan Kahoot.it, kuis online yang bisa diikuti semua peserta secara real time. Di kuis ini, ada 5 pertanyaan dasar yang sebenarnya adalah pengetahuan awal sebagai praktisi digital marketing.

Pahami data-data awam seperti pengguna internet Indonesia 143,6 juta dengan penetrasi 49%, media sosial active user paling tinggi adalah YouTube, device yang sering dipakai pengguna internet adalah smartphone (mobile gadget) dan masih banyak lagi. Data-data seperti itu sudah tersaji di internet, kamu bisa ambil referensi dari APJII 2018 atau We Are Social - Hootsuite. 

2. Setelah riset digital marketing, buatlah insight dan simpulan yang strategis
Riset adalah sketsa awal sebelum membuat strategi digital marketing yang efektif. Selain riset umum seperti pengguna internet yang dijelaskan poin no 1, juga riset mendalam tentang brand yang dipegang.

Buatlah insight setelah menemukan jawaban dari hasil riset yang didapat. Misalnya, ditemukan fakta media sosial yang paling aktif penggunanya adalah Youtube. Untuk itu, mulai-mulailah membuat konten berbentuk video. Atau, ditemukan fakta lain bahwa device yang paling banyak digunakan akses internet adalah smartphone. Oleh karena itu, pastikan saluran digital yang dibuat mobile friendly.


Kelompok 1 saat 'pitching' study case brand digital strategies for 1 year 

3. Bicara soal digital marketing, media sosial tak luput dari perhatian sebuah brand
Kenapa media sosial penting? Karena media sosial adalah saluran paling tepat untuk berinteraksi dengan konsumen. Itulah kenapa media sosial ada fitus likes, comment, share, save post, dll. Hal itu bisa jadi tolak ukur seberapa jauh brand dekat dengan penggunanya.

Tak hanya itu, media sosial berperan penting untuk mendukung Search Engine Optimization (SEO). Media sosial juga sudah menjadi tren orang untuk mengenal lebih dekat dengan brand. 

4. Empat poin utama dalam Digital Marketing Planning

(1) Identifikasi diri sebagai brand, 'adalah' apa untuk memudahkan membentuk tujuan dan KPI.
(2) Mendefinisikan tujuan dan menentukan KPI
(3) Strategis. Berawal dari riset kemudian muncul insight yang berimplikasi menjadi detail eksekusi yang rapi.
(4) Terukur dan optimal. Semua yang dilakukan harus rapi, terukur, dan sesuai dengan rencana awal.


Walaupun masih banyak kekurangan, bersyukur dapet apresiasi
5. Pelajari lebih lanjut tentang Owned Media, Paid Media, dan Earned Media

(1) Owned Media, saluran media yang ada di bawah brandOwned Media: semua media yang brand punya seperti official website dan media sosial.

(2) Paid Media: meliput media yang berbayar (periklanan)

(3) Earned Media: media yang sharing, mention, repost, atau mereview brand selain di saluran brand pribadi (owned media). Contohnya blogger yang mereview produk brand atau upload story dan mention ke akun IG brand.

Nah itu dia lima catatan besar yang aku rangkum dalam acara Digital Talks 2018. Masih banyak yang perlu kita pelajari untuk mengenal digital marketing lebih jauh. Harus terbiasa menggali data, berani membuat insight dan banyak mencari referensi dari forum digital marketing lain supaya lebih 'update' pengetahuannya.



Terima kasih untuk Ngalup coworking space dan spesial terima kasih untuk Mas Bogie yang sudah meluangkan waktunya untuk mampir ke Malang, bersedia membagikan ilmunya ke anak bawang yang masih perlu banyak belajar seperti aku ini hehe.

Itu dulu berbaginya. Jadi, seberapa greget kamu paham digital marketing?

You May Also Like

0 comments