Mampir ke Pantai Watu Leter, Berasa Punya Pantai Sendiri!

by - April 12, 2018


Hola hola, masih edisi mbolang nih. Setelah kemarin mengulas Pantai Teluk Asmara, sekarang mampir dulu ke pantai sebelahnya; Pantai Watu Leter. Beda dengan Pantai Teluk Asmara yang banjir manusia, Pantai Watu Leter ini masih sepi pengunjung tapi menurutku sih itu pertanda bagus haha.


Syukurlah waktu kesini gak hujan, jadi jalan menyusuri Pantai Watu Leter gak terlalu becek. Nah sebenernya Pantai Watu Leter ini deket banget sama Pantai Goa Cina, cuma entah kenapa pantai ini gak se-populer tetangganya. Biarpun begitu, melihat sepinya pengunjung, Pantai Watu Leter ini jadi tempat favoritnya penyu abu-abu bertelur. Kalau kamu dateng kesini di momen yang tepat, kamu bisa melihat pelepasan tukik abu-abu.


Jadi, kalau sudah di Pantai Watu Leter ini harus ngapain aja?


Pantainya bisa buat berenang manja


Fix kalo kesini kalian wajib bawa baju ganti atau bakal nyesel seumur hidup! Aih lebay ya, tapi emang iya loh. Waktu kesini tadinya gak ada niatan basah-basahan, cuma pengen foto-foto cantik di bebatuannya. 


Tapi melihat desiran ombak yang memanggil centil, iman ini luntur. Sumpah ya, seru banget berenang manja di Pantai Watu Leter. Oh ya aku kasih tau, kalau kamu menyisiri pantai di sebelah barat, ombaknya agak ganas dan bebatuannya banyak. Jadi cocoknya cukup untuk foto-foto cantik aja.


Nah kalau pantai di sebelah timur, omaknya tenang dan santai. Warna air pantainya juga hijau membiru karena dasarnya masih pasir putih tanpa ada bebatuan besar seperti pantai sebelah barat. Puas-puasin deh berenang disini.


Jangan tanya rasanya berenang di pantai gimana ya, coba sendiri
Fasilitasnya? Disini ada warung makan, toilet, dan musholla

Jangan khawatir, biarpun sepi pengunjung disini udah ada fasilitas lengkap buat kami yang mau bebersihan di toilet atau menunaikan ibadah solat. Saranku, kalau kesini wajib banget beli kelapa mudanya! Harganya murah cuma 10 ribu untuk satu buah kelapa. Kalau laper, ada pecel dibanderol 10 ribu dan ada ikan bakar juga 50 ribu (ikannya besar kok, lupa gak nanyain nama ikannya hehe).


Ini segerrr bangeeeet
Kalau mau tracking 25 menit dengan jalan setapak, kalian bisa ketemu Pantai Goa China

Kata mas-mas yang jaga warung, kalau mau ke Pantai Goa China bisa lewat Pantai Watu Leter dengan jalan kaki. Gak usah pakai motor, nanti kena parkir. Waktu itu sempet kepikiran mau tracking, tapi karena udah pernah ke Pantai Goa China dan pemandangan Pantai Watu Leter udah lebih dari cukup memuaskan, jadinya batal deh haha.


Masih meragukan pemandangannya?
Berapa harga tiket masuk di Pantai Watu Leter?

Sama seperti pantai lain, tiket masuknya 10 ribu untuk satu orang. Parkir motor 10 ribu dan parkir mobil 15 ribu. Untuk dapetin pesona Pantai Watu Leter gak perlu mahal-mahal kan?


Lokasi dan rute Pantai Watu Leter


Pantai Watu Leter ini lokasinya ada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jarak dari Kota Malang sekitar 70 km dan bisa ditempuh 3 jam-an. Tidak masalah mau pakai motor atau mobil, akses ke Pantai Watu Leter aman untuk dua kendaraan tersebut.


Kamu ambil rute Gondanglegi-Pagelaran-Bantur--lalu Srigonco. Nah nanti kalian bakal sampai di persimpangan Pantai Balekambang, ambil rute belok kiri ke arah Pantai Goa Cina karena kalau lurus dari persimpangan tadi arahnya ke Pantai Balekambang. Sebelum Pantai Goa Cina, sebelah kanan ada tulisan Pantai Watu Leter besar yang dipajang di bukit bebatuan. Voila, selamat datang di tanah surga Kabupaten Malang :)


Ada opsi lain kalau mau lewat Pantai Sendang Biru. Ambil aja rute lewat Bululawang/Gadang. Nah kalau sampai di Krebet baru ambil arah menuju Pantai Sendang Biru. Ambil aja lurus sampai Kecamatan Sumbermanjing, gak jauh setelah melewati Pantai Goa Cina di sebelah kiri ketemu Pantai Watu Leter ini.


Pemandangan Pantai Watu Leter sebelah barat
Pokoknya Pantai Watu Leter ini berkesan banget, karena sepi dan berasa pantai milik sendiri. Pasirnya bersih, gak ada sampah, biarpun terik tetap seru main-main manja di bibir pantai. Fix pantai ini harus ada di bucketlis liburanmu kalau di Malang. Jadi, kapan mampir kesini? 

You May Also Like

0 comments