Ikut acara STARTING LINE Malang, Belajar Jadi Content Creator dari Bayu Skak dan Kadek Arini

by - September 20, 2017


Setelah bulan Agustus kemarin sempet ikut acara LINE SELLER CORNER, sekarang dapet undangan lagi untuk dateng ke acara STARTING LINE di Malang. Yang bikin seru, acara ini diisi oleh para konten creator seperti Bayu Skak sebagai Youtuber dan Kadek Arini sebagai travel blogger. Seperti apa sih acaranya? Yuk skrol lagi ke bawah.

Di opening, ada Mas Aldo sebagai Marketing Director dari LINE menjelaskan tentang STARTING LINE yaitu program LINE yang berkolaborasi dengan Young On Top, yang mana ditujukan untuk mahasiswa dengan dua projek besarnya; LINE Student Partner dan CommuLINEnity Manager. 
Persyaratan untuk bisa ikut LINE Student Partner dan CommuLINEnity Manager adalah mahasiswa tahun kedua atau ketiga, aktif di organisasi, tech savvy, dan tentunya punya akun LINE. Untuk bisa daftar di program itu, kamu bisa cek infonya di www.youngontop.com/startingline. Tagline dari STARTING LINE sendiri adalah hanya di LINE, gak ada yang lain. Sayangnya aku udah gak bisa ikutan program itu, karena udah jadi mahasiswa baru, baru lulus heheh.

Di inti acara, ada Bayu Skak sebagai vlogger  dari Malang dan Kadek Arini sebagai travel blogger yang berbagi tentang membuat konten yang kreatif, relevan, dan bisa bangun komunitas dari situ. Apa aja?

1. Konsisten
Itu poin pertama yang harus dipegang oleh content creator dari platform apapun, baik vlogger atau blogger. "Kalian semangatnya jangan di awal aja, giliran udah masuk di bulan keenam misalnya, kalian udah gak semangat lagi gara-gara gak ada feedback yang bagus. Sabar aja, dulu saya sampai kena banned dari Facebook karena kebanyakan share," ujar Bayu Skak yang direspon gelak tawa audiens. Betul juga sih, kita kalau memang mau seriusin untuk membuat karya harus konsisten. Meskipun di awal hasilnya belum keliatan, tetap harus menciptakan karya yang kreatif tanpa bingung mikirin gimana-gimana nantinya.

2. Bangun engagement dengan audiens
Dari Kak Kadek sebagai travel blogger, dia sudah punya follower 150,000. Jadi ketika sekali posting, minimal yang baca udah 50,000 orang. Nah salah satu tips buat bikin engagement dengan angka segitu, dibutuhkan interaksi. Jadi gak tiba-tiba share konten, ada feedback lalu kita biarkan. Contohnya Kak Kadek pernah bikin tutorial foto pemandangan yang bagus, kemudian dia kasih challenge ke audiensnya dan dari situ dia bahas bersama. Disitu ada bonding antara content creator dengan visitor/viewer-nya.
Nah, intinya kita kalau udah bikin karya, jangan lupa untuk ajak audiens kamu untuk berinteraksi dan minta feedback. Disitu bisa bikin karya kamu berkembang.

3. Enjoy the moment
Meskipun akhirnya kita mengejar pasar, tapi yang paling utama adalah kalian bisa enjoy dengan apa yang kalian buat dengan apa yang akan kalian bagikan. Anggap saja pangsa pasar itu sebagai bonus, misal kalian tiba-tiba dapet fans atau follower, anggap aja itu bonus. Karena kembali lagi, apa yang kalian bagikan itu memang apa yang kalian rasakan. Intinya sih, sukai dulu pekerjaan yang kamu lakukan, share ke mereka. You can do whatever you love and enjoy the moment.

Nah, kurang lebih tiga poin itu yang dibahas sama Bayu Skak dan Kadek Arini di acara seminar STARTING LINE di Malang hari ini. Gimana? Kalian udah termotivasi untuk jadi content creator

Yuk yang punya passion bikin video, kalian bisa memulai menjadi vlogger. Atau kalian yang suka nulis, bisa dikembangkan lewat blog. Gak usah nunggu persiapan yang ribet. Karena kalo nunggu ini itu, malu, gak pede, pesawat kalian gak bakal berangkat. Just, do it now.

You May Also Like

0 comments