Akselerasi pengalaman lewat magang di Beon intermedia

by - May 27, 2017


Hai, apa kabar? Aku mau bagi cerita nih tentang pengalaman magangku di salah satu perusahaan internet di Malang, namanya Beon Intermedia. Panggil aja Beon. Sebelum cerita tentang Beon, sebenernya ini bukan magang tuntutan dari kuliahan, lebih tepatnya ngelamar jadi anak magang atas inisiatif sendiri. Kenapa? 

Karena aku ketagihan banget sama pengalaman magang
Di postingan aku sebelumnya, aku pernah berbagi cerita magangku di Tokopedia. Seminggu sebelum magangku berakhir di Tokopedia, aku nyoba apply di Traveloka. Hasilnya di reject. Lalu aku kontak HRD Hijup lewat Linkedin, sama HRD-nya udah tinggal kirim ke emailnya aja. Tapi mikir lagi, di-reject sama Traveloka kayaknya peringatan untuk balik ke Malang. Sambil browsing-browsing, kayaknya di Malang pasti udah ada perusahaan internet yang sudah ettled dan bisa ngasih pengalaman yang gak kalah seru dengan perusahaan di Jakarta.

So, here I go. Aku browsing startup/perusahaan internet di Malang, dari ulasan Tech In Asia, aku nemu JagoanHostingcom. Setelah disimak, jagoanhosting masuk dalam naungan PT Beon Intermedia. Yauda deh, aku siapin CV dan motivation letter lalu apply di karir.beon.co.id
At the first time, aku gak expect bakal diterima atau dipanggil sih. Jadi aku fokus ngebut ngerjain laporan magang sampai sidang. Dan...ada mbak Husnul (asisten HRD) yang telfon pagi banget sekitar jam 8an, yang mana itu aku masih tidur, dia kasih info kalau aku dipanggil untuk tes psikotes dan interview. 
Setelah melewati tes psikotes dan interview setengah hari, voila...welcome to the club as beonic, Lidya!

You'll never get if you never ask
Tujuan awal masuk di Beon sih pengen belajar gimana cara masarin produk yang tidak berwujud seperti domain, hosting, vps, dll. Tapi setelah melihat pengalaman di event lewat CV, akhirnya dimasukin ke project Gerakan Nasional 1000 Startup Malang--yang menjadi awal mula akselerasiku yang pertama. Awalnya mikir, yah, kok event lagi event lagi, padahal 'kan niatnya pengen belajar marketing. Pokoknya bosen deh ngerjain event. Tapi, Tuhan selalu punya jalan yang unik untuk dilalui.
As you know, skill modalku awal jadi anak magang di Beon hanya sebagai anak marcomm. Bisanya cuma kerjaan marcomm, yes, se-sempit itu. Tapi lewat G1000SN, aku belajar jadi Public Relations, gimana caranya bangun relasi dengan media sampai media itu mau ngeliput program kita dan mengangkatnya di berita. Nah, tiap aku gabut, aku selalu minta kerjaan ke Mbak Dinda (Lead program G1000SN). Sampai akhirnya, kok aku pengen ngerjain yang lainnya ya.
So, I ask my supervisor, I want more. Jadinya aku dikasih project Next WiFi. Next WiFi itu project startup yang fokus di pengembangan sistem wifi dengan manajemen relasi customer. Di Next WiFi, aku belajar lewat perspektif startup gimana sih cara akuisisi user. Gimana report bugs, gimana bikin flow communication dengan user, sampai validasi market. Pokoknya fighting dan struggle banget deh disini. Tapi, semua itu ada hasilnya. The thing is, jadi orang kamu itu harus inisiatif. Kalo bola gak dateng, jemput bolanya. Sesimpel itu kok.



Expand networking
Akselerasi selanjutnya adalah networking. You know, lewat 1000 startup, aku ketemu sama para penggerak yang mereka adalah orang-orang hebat yang berkecimpung di dunia teknologi (kebanyakan). Kapan lagi kamu bisa ngobrol berdua sama VP Go-Massage, CFO Bukalapak, bahkan sampai Direktur e-business mekominfo Pak Azhar daan masih banyak lainnya. Aku udah ngantongin kartu nama segebok ya hasil dari networking.
Networking lainnya juga sejalan dengan teman-teman media, komunitas, bem/himpunan, dan masih banyak lagi. Yang berkesan sih dengan peserta 1000 startup sendiri. I feel happy when I can see them growth and build their own startup. Mulai mereka gak tahu apa-apa sampai ngelihat mereka launching produk mereka. Seperti ibu yang bangga sama anaknya, serius deh. 
Like, you know, in every chance that I have, I won't lost it. Tips buat kamu nih, kalo pas istirahat makan siang atau apapun itu, plis jangan ngobrol ke grup kamu sendiri. Kamu harus kenalan sama yang lainnya. It's fine if it just a small talk. At least that person know your name or you can make a good conversation. That's what is networking mean, dude. Have a good try!

Learning by doing, learning by practicing
A good lesson is to be experienced in that field. Instead of baca teori di kampus, ilmu yang paling melekat di diri kamu adalah bagaimana kamu mengalaminya sendiri. Maksudku adalah praktek, praktek, dan praktek. Lewat magang di Beon, aku jadi workaholic. Megang lebih dari satu project, it does challenge me. How I manage time and the assignment it self. Aku pernah ngerjain proposal Next Wifi, jam dua pagi aku ke kantor gara-gara laptopku ngelack for no reason. Jam dua pagi! It wasn't because I work under pressure of the deadline, because I love what I do. Karena di Beon aku juga belajar tentang dedikasi dan integritas. Integritas itu keselarasan antara pikiran dan tindakan. Misal aku bilang, besok lusa kerjaan aku bakal done, ya gimana caranya tiga hari itu aku selesai. Kalo berhasil, kamu punya integritas, kalo enggak, kamu akan nanggung konsekuensinya.

Good job, good teammate, good people
Membuat diri kamu betah di suatu tempat itu bisa bermula dari banyak faktor. Tapi faktor utamanya adalah people. Aku bersyukur bisa bertemu dengan orang-orang di Beon, they make a home. Energi mereka yang workaholic, it influence me, aku bisa kerja ngebut karena temen-temen di Beon kerjanya juga ngebut. Aku bisa bikin joke yang receh, karena temen-temen kerjaannya bikin becandaan yang super receh. So, one energy can impact to another. That's a good atmosphere among us. 

Gaes, kenapa aku cerita panjang lebar gitu karena aku pengen memastikan aja. Life is short, you know. Selagi kamu masih muda, kamu punya waktu yang berlimpah, kenapa gak dimanfaatin ke hal yang lebih berfaedah? Maksudku, selagi muda jangan pernah capek belajar, jangan pernah capek untuk mencari pengalaman, dan jangan pernah kamu merasa cukup untuk menimba ilmu. 

Life is too short to think about why sky are blue, why roses are red. Take your time, look your time, and see...how far do you know about your capability to face reality. Well, that's all for me, enjoy your day :)

You May Also Like

3 comments

  1. Keren euy,
    Senang sekali pernah kenal dan bekerja dengan orang yg luar biasa.
    Sukses terus yaaaa

    ReplyDelete
  2. hi! aku udah baca 2 post kamu mengenai magang di tokopedia & beon intermedia. kalo boleh tau bisa dishare gak contoh motivation letter untuk kerja di suatu perusahaan itu gimana. terimakasih :)

    ReplyDelete