Pengalaman Magang Di Tokopedia Part 1

by - August 26, 2016



PR & Events Intern Squad

Hai gengs, apa kabar? Kali ini aku mau bagi pengalaman magang selama satu bulan di Tokopedia. Sebenernya ini masih setengah perjalanan, karena kontrak magang aku disini sampai 21 Oktober 2016 nanti.  Sebelum lanjut ke cerita utama, mungkin pertama-pertama kalian penasaran gimana caranya bisa magang di Tokopedia. Kalian bisa cek postingan cara magang di Tokopedia disini. Gampang kok. 

Nah, sekarang ijinkan aku bagi cerita setengah perjalanan magang di Tokopedia, kantor yang menyuguhkan suasana hijau dan damai.

Siapa yang tak kenal Tokopedia? Kesan pertama tentang perusahaan yang punya maskot burung hantu Toped ini rasanya nyaman banget. Kalian pasti pernah liat cuplikan video Nakama Story atau visit tour Tokopedia di Youtube? Nah, apa yang ada di video dengan kenyataannya itu gak jauh beda. Selain nuansa hijau yang sejuk, suasana kantor di Tokopedia itu asyik. Tidak ada sekat antar divisi, jadi seperti ruangan terbuka. Pakaian juga bebas namun rapi, jadi tidak perlu pakai dasi atau celana kendor disini. Apalagi para Nakama (sebutan para karyawan Tokopedia) disini notabene anak muda, para pekerja keras dibawah 30 tahunan.

Kebetulan aku disini magang di divisi PR & Events. Disivi ini bagian dari departemen/functional Business yang ada di lantai 23. Bagi kalian yang udah pernah atau akan tour di kantor Tokopedia, pasti mampir ke lantai ini kok.

Ngomongin kerjaan, disini santai kok. Biarpun cuma magang, tapi kerjaan disini full of essence. Padahal dulu sama dosen pernah diwanti-wanti, "Awas ya kalo magang nanti jangan mau disuruh beli gorengan". Beruntungnya cerita horor dari dosen itu tidak terjadi di Tokopedia.

Jam kerja disini mulai dari 9am sampai 6pm. Salah satu kewajiban anak intern disini adalah bawa laptop sendiri tiap hari. Karena apapun divisinya, kerjaan kita selalu di depan laptop. I'll tell you what I've done selama sebulan ini ya.
  1. Tiap pagi intern PR & Events selalu media monitoring. Anak komunikasi pasti tau dong ini kerjaannya ngapain? Yaps, kita medmon cetak dan online setiap hari mulai jam 9am sampai jam 12am waktunya lunch. Keuntungan lain dari tugas ini adalah--jadi anak berita yang up to date karena tiap hari sarapan 14 koran sekaligus.
  2. Kebetulan divisi PR & Events yang in charge Tokopedia Visit. Jadi misal angkatan kalian mau visit kesini, yang jadi MC pas visit atau nemenin touring ke kantor pasti anak-anak magang PR & Events. Kalo kalian ngajuin agenda visit sampai Oktober nanti, kemungkinan kita akan bertemu :)
  3. Namanya juga PR & "events", jadi kita udah kayak EO internalnya Tokopedia #tsaaah Eh tapi serius, sebulan aja kita udah ngadain beberapa event. Aku coba breakdown satu bulan terakhir udah handle berapa event ya, terhitung semenjak aku official jadi intern disini (re: 25 Juli).

# Tokopedia Donor Darah


So, acara ini salah satu CSR Tokopedia yang juga kerjasama dengan PMI. Waktu itu aku jadi bagian logistik, bantuin bapak PMI setting merchandise dan stempelin kartu peserta. Di hari yang sama, sorenya jadi MC Tokopedia Visit dari RPG Group. Anjay... Pokoknya gak pernah gabut kok, tenang aja, secapek-capeknya kerja disini tuh kalian pasti enjoy setengah mati.

# Tokopedia Pingpong Cup
Acara ini bagian dari agenda ulang tahunnya Tokopedia. Kompetisi pingpong ini pesertanya dari media dan partner Tokopedia. Disini akuditugasi untuk jadi LO. Kebetulan kebagian nge-LO-in CEO Google gengs, yah tapi sayang sekali pemirsa beliaunya gak bisa dateng. Meski begitu, seru loh bisa nge-LO-in tim dari NET, METRO, & Ads Kom.


Tokopedia Pingpong Cup
# Tokopedia Anniversary 7th
Nah, ini nih. Kata user ane, this is the biggest event of the year. And he's right! Acara ulang tahun Tokopedia ini diselenggarakan di Pullman Ballroom Central Park, Jakarta Barat. Bintang tamunya ada Ernest, Iwa K, & Isyana. Yang bikin seru sih proses dibalik suksesnya acara ini. As usual gengs, sukses lahir dari orang-orang dibalik layar....eeaa ciuciu~

Perjuangan anak magang disini antara lain: nelfonin para undangan yang jumlahnya ribuan sampai mulut kami berbusa (gak sampe gitu juga sih), terus mengurutkan nomor undian dari nol sampai ribuan, karena target undangan memang ada segitu. Saat D-1 pun, tim Events beserta anak magangnya datang ke venue untuk setting merchandise yang jumlahnya ribuan juga. Meski begitu, ada momen tak terlupakan disini. Apa aja?
  1. Waktu D-day, anak magang yang datang pagi dikasih bonus sama kakaknya buat breakfast disana. Breakfast di hotel bintang lima cuy!  *langsung pose thug life* Maybe agak lebay, tapi untuk ukuran anak magang undergraduate gini mah sarapan kayak gini setaun sekali kaliiii eheheh (omg I'm so villager --")
  2. Kebetulan aku masuk di tim acara jadi backstage runner. Oh, ada momen menarik sih pasti ikut rapat tim acara. You know lah even selama ini udah berkecimpung di event organizer, tapi alat tercanggih yang pernah aku pakai adalah HT. "Oke  paham kak, yang penting ntar jalan acara tinggal komunikasiin aja pake HT" that's my line setelah dapet brief dari atasan. Kemudian user ane ketawa dan jawab, "Lid, sorry kita gak pake HT lagi. Ada yang lebih canggih namanya Clearcomm."

Yomaaan~ Disitu aku merasa sangat sangat katrok.

Oke, lanjut ke jalannya acara ya. Di backstage itu gelap banget, untung gak pake hils jadi meski kesandung ratusan kali juga masih tetap sehat walafiat. Barang yang dibawa mondar-mandir di belakang backstage itu ada papan rundown dan senter. Jadi kalo mau jalan harus pake senter (sangking gelapnya). Momen pertama dalam seumur hidup disini adalah menggiring para talent dari dressing room sampai ke backstage. Para talent yang aku temani ada Iwa K, Ernest, dan Isyana. Suara yang terdengar dari Clearcomm seperti ini, "Lidya masuk, Iwa K stand by 5 menit di wing kiri."

Karena backstage runner, ya stay cool gitu deh. "Silahkan kak," sambil menggiring Ernest ke stage "Lima menit lagi stand by ya kak. Ini microfon no 7 udah ready," sekaligus nyodorin ke Ernest. So cool so calm down...

Padahal gengs...deep inside my heart.... WTF ADA ERNEEEST!!! INI GIMANA MAU UPDATE SNAPCHAT ADA ISYANAAH!!!
Yah, disitulah indahnya jadi backstage crew :)

Segitu dulu ya ceritanya, perjalanan masih panjang dua bulan lagi disini. The thing is, wherever you are, do what you love and love what you do. Kalo tetep gak bisa cinta sama kerjaannya, paksain atau cari di tempat lain. As simple as you close your eyes.




Hari kedua magang tepat di Nakama Day


Foto Langka



You May Also Like

33 comments

  1. Magang disini dapet fee gak ya kak? Dan minimal magang itu berapa bulan? Terimakasih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Ade.

      Internship program di Tokopedia minimal 3 bulan. Untuk fee, akan ada kompensasi per hari untuk intern yang diakumulasikan tiap bulan. Semoga menjawab.

      Delete
  2. Kalo dr apply sampai interview brapa lama?dan dr interview sampai pengumuman diterima brapa lama ya?
    thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, prosesnya kurang lebih 3-7 hari atau bisa lebih lama untuk pemberitahuan interview. Pengumuman diterima setelah interview maks 3 hari. Semoga membantu

      Delete

  3. Kak.. disini buat magang ada periode nya atau bebas? Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ayun, internship program disini bebas (dg min 3 bulan) berdasarkan tersedianya lowongan intern yang dibutuhkan oleh Tokopedia. Semoga menjawab.

      Delete
  4. halo boleh saya tahu bagaimana cara untuk bisa magang di tokopedia? apakah tunggu ada lowongan magang atau kita email sendirike pihak tokopedianya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Glori.

      Kamu bisa cek lowongan intern di tokopedia.com/careers. Untuk prosedur lengkapnya bisa baca thread aku di postingan ini ya

      http://www.carolinalidya.com/2016/10/cara-magang-di-tokopedia.html

      Delete
  5. Kak, klo anak smk bisa magang di tokopedia jg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Rizka

      Setau saya untuk lulusan SMK/SMA masih belum bisa. Minimal mahasiswa semester 4/5. Semoga menjawab.

      Delete
  6. Kak, klo anak smk bisa magang di tokopedia jg ga?

    ReplyDelete
  7. Hai kak.. awal masuk ilkom udah niat banget harus magang di toped. Pas baca crita kk jadi makin pengen smoga aja ketrima nnt. kalo dukanya magang disana apa kak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Nikma

      Alhamdulillah gak ada dukanya. Banyak senengnya sih :D

      Delete
  8. kak mau nanya kalo magang untuk lulusan sma kira kira ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Nur

      Setau saya untuk lulusan SMK/SMA masih belum bisa. Minimal mahasiswa semester 4/5. Semoga menjawab.

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu apply nya juga lewat web tokopedia? terimakasih

      Delete
    2. Wuah pengen juga. Kalo 2bulan bisa tidak ya? Karna kebijakan kampus aku 2bulan aja. Kak steven dibalasnya brapa lama? Aku udah 3minggu belum dapat balasan

      Delete
    3. halo aku mau tanya dong setelah apply di web itu berapa lama ya nunggu balasan di calling untuk interview di tokped? terimakasih

      Delete
  10. kak aku ini mahasiswa D3 manajemen informasi bisnis sekarang smt 4
    nah smt 5 nati aku pengennya magang di tokopedia. bisa ngga ya kak kira kira?
    dan kira kira aku ambil apa yang cocok sama jurusanku ini kak?
    mohon pencerahannya terimakasiih

    ReplyDelete
  11. Bisa ga kita apply bulan april, tp magangnya july?

    ReplyDelete
  12. kak kalo lowongan magang toko pedia bisa diliat dimana ya ?

    ReplyDelete
  13. Kak saya udah follow di instagram, tolong DM nya dicheck ya, saya butuh banget sharing info dari kaka, saya kepengen magang juga di toped :D makasiih

    ReplyDelete
  14. Kak mau nanya, klo misal kita magang di tokped, tp engga full time tuh bs kak? Misal senin sampe jumat ada 1 hari buat kuliah.. bisa tidak? Thankyou

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Kak mau tanya , konfirmasi diterimanya itu by email ya? Atau gimana kak? Kakak dr kampus mana kak?

    ReplyDelete
  17. Mau tanya kak, apakah magang di setiap divisi dalam tokopedia harus bawa laptop?

    ReplyDelete
  18. halo kak. aku mau nanya, kalau aku apply nya desember tapi magangnya juni bisa ngga ya? soalnya dari kampus jadwal magangnya mulai juni. cuman kalau aku mepet apply nya takut susah gituu.. tolong dijawab ya kak makasih

    ReplyDelete
  19. Tempat (kantor) magangnya dimana kak?

    ReplyDelete
  20. kak, kalau magang untuk tugas akhir gitu bisa gak? jadi paling cuman 1 bulan

    ReplyDelete
  21. Kalo magang di tokped ada kesempatan buat jadi karyawan tetap?

    ReplyDelete
  22. Hai ka mau tanya dokumen yang harus dipersiapkan itu apa aja ya ka ? terimakasih

    ReplyDelete
  23. hallo, storynya sangat menarik

    untuk divisi magang hanya di bolehkan satu ya? atau boleh apply beberapa divisi

    ReplyDelete