Mamaku Sayang Mamaku Peyang

by - March 01, 2012

Burung papa tua
Hinggap di jendela
Mama udah tua
giginya item mua...
*bersiul-siul

Eh, eh, ada yang baru dateng. Hai, gimano kabornyo? Baik-baik yo? Yo harus, kalo gak baik nanti aku khawatir looh... Aku pasti gak bisa tidur gara-gara kalian kurang sehat atau apalah. -____-
Makanya, sejak dini jaga kesehatan. Cacing bisa masuk dari sisi manapun, rawatlah anak-anak anda dari bahaya cacingan. Oke? Lanjooet...
Ngomongin nyokap, memes, emak, ibuk, enyak atau...something like that deh. Pasti langsung krenyess semua 'kan hatinya? Iya, soalnya ibu itu 'kan satu-satunya orang yang harus kita hormati. Gak peduli bau ketek ibu kayak jamban, gak peduli monyongnya bibir ibu yang setiap waktu kalo nyerocosnya bisa dari Banyuwangi nyampek London terus balik lagi ke Banyuwangi. Beliau tetap ibu kalian, bagaimanapun...apapun...kapanpun..mereka tetap wanita paling berharga yang pernah kalian milik. *krenyeskrenyess*-->itu bunyi hati kalian apa suara tikus lagi grogotin tali kutang gue yah?

Seperti halnya mamaku. Beuh, kalo ngomongin mamaku sama aja ngomongin induknya singa galak. Seolah dijidat mama tuh ada tulisannya "Jangan banyak bacot! Berani sama saya, saya hewek-hewek sampek mati!". Tapi tenang, itu cuma berlaku sama anak-anaknya doang. Khususnya saya sama adik saya yang mokongnya minta ampyun itu.
Mamaku boleh dibilang dodol. Pernah suatu hari aku disuruh beli peralatan rumah. Sampek di supermarket, gak tau kebanyakan mikir mantan kali ya, aku jadi lupa tadi disuruh beli apa. Dan untungnya pulsa masih ada.
A : Halo? Ma, tadi mama pesen apa? Aku lupa...
M : Gitu dah kalo dodol masih dipelihara, mama 'kan tadi udah bilang suruh beli sapu tali rafiaa!!
A : Emang ada ya sapu tali rafia? *garuk-garuk pantat*
M : Ah, ngomong sama kamu sama aja ngomong sama panci! *tun tun tun* telfom ditutup darisana.
Yaa udah, anak yang baik ngalah. Aku nyari mbak-mbak shopkeeper tanya ada nggak sih sapu dari tali rafia.
A : Mbak, ada sapu tali rafia?
S : *angkat alis* Maksudnya kemoceng mbak?
A : Bukan, sapu lantai yang dari rumput jepang...
S : Nggak ada mbak, mungkin maksud mbak kemoceng kali ya?
A : Bukan mbak, mama saya bilang pasti ada. Mama saya gak pernah bohong mbak, mbak harus percaya mama saya. Dan sekarang...dimana sapu berumput jepang itu?
S : Mbak manis, bilangin mama mbak ya? Di toko kami nggak ada sapu rumput jepang, adanya sapu rumput jawa. (Sambil menyeringai, mbak pendek jelek itu ninggalin aku yang cuma bisa ngupil ditempat)
Aku check pulsa lagi dan ternyata masih ada dikit.
A : Halo? Mama! Mama tega boongin aku, sapu rumput jepangnya nggak ada disini. Kenapa mama bohong hong hong?? *dramatis*
M : Eh, kucluk. Punya mulut tuh tanya, tanya sama mbak disana 'kan bisa?
A : Eh, ibuknya kucluk. Aku udah tanya, katanya nggak ada! *tun tun tun* telfonnya putus.
Habis itu mama calling, aku pencet tombol ijo.
M : Kenapa mati?
A : Pulsanya habis ma...
M : Yaudah, cepet pulang! *tun tun tun*

Sampai di rumah...
A : Kalo nggak percaya cari dan tanya aja sendiri ke mbak toko disana. Ada nggak sapu berumput jepangnya?
Tiba-tiba bude dateng
B : Enek opo to iki? Rame ae...
A : Iki lho bude, mama nggolek i sapu rumput jepang. Wes tak omongi ndek toko gak enek sek ngeyel ae
B : Sapu opo maksudmu lik?
M : Sapu seng biasae gae ngresik i koco kui lho...
B : Iku 'kan kemoceng jenenge! Wong pinter ae mbok takok i sapu rumput jepang ora kiro ngeh. Trae anak karo emak podo-podo dodol e...
M : *hening*
A : *ngemutjempolkaki*

Ealah, ternyata sapu rumput jepang yang dimaksud adalah artis yang biasanya nangkring di WARA WIRI (Woy! Itu KOMENG woy!)
Udah bisa ditarik kesimpulan 'kan? Saya dodol bin kucluk gini bukan faktor lingkungan, tapi faktor keturunan. Sekucluk-kucluknya emak gue, mama tetep the best women ever i a had!
Makanya elu-elu semua, hormatilah ibumu...
Sekian dari saya, salam teh anget. Sehangat senyuman kalian yang selalu mengisi relung lingkup dinginnya malamu :-) *ayyk!*

You May Also Like

0 comments