Ketagihan Main Game MOBA (Arena of Valor dan Mobile Legends)

by - September 07, 2017


Ini lama gak apdet nulis di blog gara-gara ngabisin waktu buat main game moba. Baru-baru aja sih terhanyut dengan game jenis moba, sebelumnya dulu sempet ketagihan juga main game Hay Day empat tahun yang lalu.

Pernah denger Dota? Nah, Dota itu salah satu jenis game moba. Cuma jenis game moba yang aku mainin sekarang bukan dota. 
Game moba itu artinya kita bisa main game strategi bareng pengguna lain secara real time karena online. Game moba kepanjangannya tuh multiplayer online battle arena (MOBA). Game moba yang populer di Indonesia itu ada lima, tapi yang aku mainin versi mobilenya aja, mereka adalah Mobile Legends dan Mobile Arena (Arena of Valor). Ada tiga jenis lain yang juga populer seperti Dota, League of Legends, dan Vainglory.

Kenapa bikin ketagihan, karena tiap match baik ranked atau quick match, kita selalu ketemu sama user lain dan bergabung jadi tim untuk perang. Misinya cuma satu sih, ngancurin tower musuh. Yang mana itu gak gampang. Bayangin aja, kamu gabung dengan satu tim yang isinya lima orang secara acak lalu kamu dikasih misi untuk perang menghancurkan tower musuh.

Yang diuji di game ini tuh bukan tentang menangnya. But how we can work as a team. Sebelumnya emang pernah nyoba main dota, point blank, counter strike, dan beberapa game lain yang cuma sebatas nyoba dalam waktu yang singkat. Alasan gak lanjut karena ram di laptop gak mencukupi plus gak tau cara mainnya. Istilahnya sih, noob heheh. 

Tapi sejak dunia api menyerang...eh enggak ding, maksudnya sejak game moba versi mobile rilis di Play Store, wah timing-nya pas banget. Ram di Android mencukupi dan virtual analognya bokkk gampang bangeeeet. Kalo di laptop kan jemari kiri harus fokus sama w-a-s-d sampai keriting dan harus lincah gerakin mouse. Well itu aku nggak banget, perbandingan kena kill sama ngekill bisa 1:1000. Hehe enggak juga sih, cuma ya cupu, daripada kena bahasa kotor tim sendiri mending berhenti aja.

Oya lanjut ngobrolin Mobile Legends dan AOV, dua-duanya aku suka bangeeeet. Sekarang masih main dua-duanya kok. Cuma lagi fokusin dulu sama AOV dulu. Kapan-kapan deh ya, aku tulisin review perbandingan ML dan AOV. Kalo di Mobile Legends, ukuran gamenya sekitar 100mb dan bisa makan sampai 600mb untuk cache-nya. Sedangkan AOV ukurannya 300mb dan bisa nge-cache total tuh 1GB. Jadi hapusin aja dulu aplikasi yang gak penting sebelum download game ini biar memorinya cukup. Okey?

Kenapa aku suka banget sama dua game mobile moba ini karena gampang. Analognya gak sesusah game dota yang memerlukan keyboard dan mouse. Udah ada virtual analog yang kamu tuh tinggal miringin hape kamu dan main. Udah, sesimpel itu. Gimana gak bikin ketagihan ya game ini?

Kalo ditanya skill, maap nih ya, aku cuma bisa jadi archer atau marksman aja. Mentok lainnya sih jadi mage. Kalo di AOV, arcana yang dipake serba archer seperti Yorn atau Valhein. Kalo di Mobile Legends, hero favorit sih Layla, Miya, dan Karrie. 

Kalian kalo mau bantu push ranked aku bisa add ID aku nih, "carolinalidya" hoho. Dua akun ID-nya sama kok. Sebelumnya nama ID-ku LadyMarin25, alay ya? Makanya aku ganti aja deh nickname yang selalu kepake dimana-dimana, sama kayak domain blog ini. Etapi tier-nya masih balita loh ya, jangan disamain sama game pro kayak kamu. Aku mah apa atuh sebutiran beras yang gak jadi diekspor :(


Ini pas pake Yorn di AOV, masih pake nickname LadyMarin25

Ini pas pake mage Audora di ML, nicknamenya juga alay
Udah sih itu aja. Gimana? Sungguh tidak membuatmu jadi lebih baik 'kan baca postingan ini? Semoga hidup kamu gak sia-sia ya. Semangat.

You May Also Like

0 comments