Satu langkah lagi, ayo lakukan

by - March 28, 2017


Hai, apa kabar? Semoga kalian menjalani hari ini dengan bahagia ya. Tulisan ini spesial buat temen-temen Gerakan Nasional 1000 Startup di Malang. Sebelumnya, aku gak perlu jelasin panjang lebar apa itu GN1000S, kepoin aja di medsos dan websitenya. Tapi di tulisan ini, aku coba cerita kenapa kalian, temen-temen batch 1 maupun 2, harus memperjuangkan produk startup kalian sampai Incubation.

Beberapa diantara kalian pasti ada yang galau, ada yang semangat, bahkan berencana mundur setelah Hacksprint. Fenomena ide yang pivot hingga anggota tim yang gugur satu persatu memang hal yang wajar. Ingat tidak, saat Hacksprint, Mas Fadli pernah bilang "Investor tidak akan invest ke produk kamu, tapi ke orangnya. Karena produk bisa berubah, tapi orang selamanya akan tetap sama"
Sebagus-bagusnya produk kamu tapi gak pinter ngatur tim yang solid, ya...sama aja.
Poinnya adalah, bagaimana kamu bisa memperjuangkan ide kamu bersama orang-orang dalam tim kamu. You have to support each other, not to blaming each other.

Dari awal, GN1000S ini berkoar-koar bahwa gerakan ini bukanlah kompetisi. Kami mewadahi teman-teman yang ingin memperjuangkan idenya untuk menjadi sebuah solusi. Sampai detik ini, kami masih memperjuangkan kalian dan sampai 2020 pun akan tetap begitu. Yang kami butuhkan hanya komitmen dan semangat kalian sampai produk kalian rilis. Gagalnya produk itu sunnah, yang wajib itu gimana kamu bangkit lagi dan jaga tim kamu tetep solid sampai sekarang.

Kami bertiga, Dinda, Lidya, dan Nelsi. Kami bertiga dengan tulus bantuin temen-temen sampai ke tahapan Incubation. Lelahnya kami yang gak tidur rekap data, nyusun rundown, hubungin mentor, sampai cekcok dengan vendor pun dibayar lunas dengan melihat teman-teman yang masih semangat bangun produknya. Bahagia itu sangat sederhana. We're happy when your team still consist and commit to be here, build a network and release your product.

Sangat disayangkan bagi teman-teman yang enggan melanjutkan sampai ke tahapan Bootcamp. Jika masalahnya karena menyita waktu, okay, let me explain you something. Kalian sudah melalui tahapan Ignition, Networking, Workshop, hingga Hacksprint. Satu langkah lagi rek, satu langkah lagi :)

Bootcamp hanya butuh tiga hari saja, tiga hari itu kami maksimalin untuk nge-push tim kalian sampai produknya rilis dan dipakai oleh user. Setelah itu, sampailah di Incubation. Bahagiakah kalian, kalian sudah sampai di tengah jalan :)

Mas Danton bilang, kalau GN1000S di Malang kita gak mentingin kuantitas tapi kualitas. Let say, kuota masuk Incubation hanya 10. Tapi kalau di Malang punya 20 startup yang capable untuk dikembangkan, why not? Bahkan, diantara 20an tim hanya 5 saja yang capable, why not?
Visi kami, GN1000S, Beon Intermedia, dan Ngalup coworking space ingin membangun ekosistem startup digital di Malang. Will you be part of it?

Yang pasti, kami dengan senang hati menunggu kamu, produk, dan tim kamu sampai di tahapan Incubation. Selesaikan masalah klasik dalam tim, benahi atau tidak sama sekali. Ayo rek, make it happen!



Yang menunggumu,
Lidya Charolina

You May Also Like

1 comments