Pengalaman Booking Bus di Traveloka Dapet Pahala Kencana Jakarta-Malang, Amazing!

by - December 31, 2018


Halo kamu yang lagi happy di sana, semoga sehat sehat ya. Biar makin happy, nih aku ceritain pengalaman pertamaku naik bus antar kota dari Jakarta ke Malang. Bukan karena pengen naik bus tapi emang tiket kereta udah habis dan harga tiket pesawat udah out of budget. Penasaran sama ceritanya?

Aku pesan tiket bus lewat aplikasi Traveloka dan dapet PO Pahala Kencana rute Jakarta-Malang. Aku berangkat dari Terminal Pulo Gebang dan turun di Terminal Arjosari. Untuk cara booking tiketnya, aku berbagi di postingan lain "Cara Booking Tiket Bus di Traveloka"". Jadwal berangkat tiketku jam 13.00 dan sampai di Malang jam 09.00 pagi besoknya.

Oke lanjut ya.

Berangkat dari Terminal Pulo Gebang, pertama kali banget ke sini

Karena aku punya prinsip efficiency cost, aku memilih naik KRL dari Stasiun Manggarai dan turun di Stasiun Cakung. Dari Stasiun Cakung naik ojol sekitar 8k aja. Kalo aku dari kos yang letaknya di Jakarta Selatan dan langsung tujuan Terminal Pulo Gebang, lumayan merogoh kocek sekitar 50 ribu. Sedangkan naik KRL dan gojek, sekitar habis 15-20k aja. #sebuahtipshemat hehe
Ada rute Busway juga yang langsung nurunin kamu ke Terminal Pulo Gebang, cuma karena aku belum mencoba, aku belum hafal juga naiknya dari rute mana. Coba baiknya kamu cek Google Maps deh.


Check in di PO Pahala Kencana dan Menunggu Bus Tiba

Waktu aku dateng ke loket PO Pahala Kencana, aku langsung disuruh naik ke atas (ruang tunggu penumpang) tanpa perlu repot-repot cetak tiketnya. Oh ya, siapin duit receh 500 untuk masuk gate Pulo Gebang ya.
Nah di aula tunggu ini gede banget, cuma sepertinya kursinya perlu ditambah lagi. Beberapa di sudut ruangan ada yang tertidur berbantal tas ransel. Posisiku udah di sana jam 12 siang sedangkan jadwal busku jam 13.00 WIB, di Traveloka dikasih penjelasan harus datang satu jam sebelum. Ternyata...bus-nya baru berangkat jam 15.00 WIB :(





Bus Delay Berangkat, Ini Alasannya

Fakta baru nih, ternyata jadwal yang di Traveloka gak sesuai dengan jadwal keberangkatan rute bus-nya. Bukan salah Traveloka ya, tapi memang tiap PO bus punya kebijakan sendiri. Siapa sih yang gak emosi telat 2-3 jam? Dateng jam 12.00, jadwal jam 13.00, berangkatnya jam 15.00 WIB. Mana gak ada kompensasi makan kan hoho, dikiranya naik pesawat ya?

Eits jangan emosi dulu, karena waktu itu aku juga sempat. Lalu kugali informasinya kenapa bisa telat dan lainnya.


Berbeda dengan kereta api yang udah ada sistemnya dan gak toleransi sama telat, bus punya cerita lain. Ternyata yang pesan tiket bus gak cuma dari online user (seperti aku yang beli lewat Traveloka), ada penumpang lain yang juga pesan lewat agen tiket, bahkan calo pun ada. Nah menanggapi ini, pihak PO bus bener-bener mengutamakan penumpang. Jadi kalo ada penumpang yang belum datang, ditelfonin dan ditungguin sama busnya sampai semua penumpang bener-bener kasih konfirmasi. Itulah sebabnya, akurasi keberangkatan dan kapan bus sampai gak bisa diperkirakan hehe.

Fasilitas PO Pahala Kencana

- Dapet kursi (ya iyalah Lid), kursinya nyaman kok seperti kursi kereta eksekutif.
- Snack (roti dan air mineral 220ml)
- Makan gratis di rest area pertaman, resta area berikutnya bayar sendiri. Kalo rute busnya ke Jawa Timur, pasti berhenti di rest area Cirebon dan Gresik
- Kamar mandi. Tapi lebih baik selama berhenti di rest area atau pom bensin, manfaatkan untuk pipis atau keadaan beser apapun. Karena kamar mandi dalam bus tidak rekomen



Nyempetin beli Nasi Timbel saat bus jemput penumpang sebelum tol Cikarang

Tips untuk penumpang bus permula

Bawa selimut dan pakai masker, karena AC dalam bus itu tidak sehat. Kalo bisa pakai jaket juga, minum antimo boleh supaya selama perjalanan kamu tertidur pulas. Bawa camilan atau air mineral, karena dalam bus kamu akan haus terus mengingat AC bus yang bikin tenggorokan kering.

Pahit Manis Naik Bus Antar Kota

Awalnya aku ngebayangin pasti bakal capek banget atau apalah. Tapi ternyata setelah dilalui, this experience quietly awesome. Kursinya gak sekaku kereta api, empuk, jadi bisa tidur. Apalagi lampunya mati, kalo di kereta api kan nyala terus.

Beruntungnya, PO Pahala Kencana sopirnya selow jadi gak ngebut kanan kiri, gak bikin jantungan lah.


Karena aku dapet kursi depan, aku jadi bisa ngelamun bebas sambil ngeliatin jalan tol yang baru dan gak macet. Bahkan waktu subuh aku bisa lihat matahari terbit dan itu indah banget, alay ya tapi sumpah deh itu bikin hati seneng. Capeknya hilang.



Udah itu cerita singkat dari pengalaman naik PO Pahala Kencana tujuan Jakarta dan Malang. Walaupun berangkatnya delay 2-3 jam, tapi sampai Malang jam 8 pagi karena lewat tol Trans Jawa yang bisa memangkas waktu 2 jam. Amazing... Rasanya 20 jam di jalan udah biasa.

Nah buat kamu yang lagi ragu naik bus, gak ada salahnya dicoba. Ada dua aplikasi tiket bus yang bisa kamu pilih: Traveloka dan RedBus. Aku belum mencoba beli langsung dari RedBus, semoga kalo butuh naik bus lagi aku berencana pesan lewat RedBus.

Itu dulu cerita naik bus Jakarta-Malang naik PO Pahala Kencana lewat aplikasi Traveloka. Semoga apapun yang kubagikan di atas bermanfaat ya. Selamat liburan, selamat ketemu sama orang yang kamu sayang :)

You May Also Like

2 comments

  1. wah sama mba, ini pengalaman pertama saya keluar kota naik bus jurusan salatiga,pesen dari traveloka dan dapat pahala kencana juga, di suru datang jam 14.30, tapi ini udah jam 17.00 bus nya belum datang juga :( kebetulan saya juga berangkat nya dari terminal pulo gebang juga,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau mesen tiket tp h-30 kira2 bakal hangus ga ya tiketnya?

      Delete