1st Week in Big Town: I’m struggling, it’s never been easy

December 15, 2018


Hi there, miss me already? Don’t ask me how I miss Malang, sumpah kangen banget sama kota yang sebenernya udah gak dingin lagi itu. Kangen sama Es Krim Juarez yang kata orang B aja tapi bagiku so spesial, kangen Ayam Uleg Cak Abit sambel ijo yang murah tapi memuaskan, kangen es kopi di sana, kangen temen-temen di Malang. Guys, I miss you like dying here :(

Udah seminggu di ibu kota. Gimana Lid rasanya? How does it feel?

Kalo kalian baca buku biografi Jack Ma dan successful story lainnya, start from bottom to top, seru kali ya betapa lihat susahnya hidup orang dan sekaligus ngeliat mereka berhasil. Tapi di postingan ini, jangan harap bisa baca successfull story ya, disini kalian cuma baca betapa susahnya hidup orang aja yang lagi struggling di ibu kota. Belum ada sukses-suksesnya wkwk.

But it’s okay, rasanya gemes kalo gak menuangkan apa yang di kepala di tulisan yang kalian baca ini. So ladies and gentleman, inilah apa yang terjadi seminggu beradaptasi dengan kota yang masuk dalam 7 besar kota paling dibenci di dunia but sh*t, we were here.

Dapet kosan lewat aplikasi, gak pake acara survey, langsung dateng dan bayar
Percaya atau enggak, baru dapet kosan H-1 sebelum sampai ke Jakarta. Bukan masalah mager nyari kosan atau survei, tapi emang susah banget nyari kosan di kota ini. Udah instal tiga aplikasi: Mamikos, Infokost.id dan OLX. Harus bener-bener jeli memilih kos, belum lagi contact person yang slow respon.

But I’m truly lucky, bisa dapet kosan gak terlalu jauh dari kantor (20 menitan sih, iya, ini tuh termasuk deket kalo di Jakarta wkwk). Cuma modal chatting sama ownernya, pokoknya dari Stasiun Senen langsung cus ke alamat. Agak deg-deg an tapi syukurlah, kosannya tinggal satu kamar dan bersih. Walopun gak dapet AC, yang penting kamar mandinya bersih udah cukup bagiku :)

Menerapkan gaya hidup minimalis
Frankly speaking emang gak ada sesuatu yang bisa dimaksimalkan sih, makanya pake konsep “minimalis” wkwk. Di Malang aja sederhana ya, apalagi di sini. Ke sini cuma bawa satu koper dan satu ransel. Baju cuma beberapa aja apalagi sepatu cuma dua pasang. Gak mau ribet, yang penting berangkat ke kantor pake baju dan sepatu sopan gak malu-maluin udah cukup.

How I manage my money here
This is the most struggle thing I did here, sumpah. I’m so lucky when I have to resign at the middle of November. Jadi ada jeda sekitar 2–3 mingguan untuk break dan fokus mau ngapain termasuk proses berada di sini. Beyond my expectation, realita pengeluaran kemarin emang the biggest expenses I’ve ever did.

Transportasi Malang-Jakarta-Banyuwangi, kirim barang dan sepeda motor ke Banyuwangi daaaan masih banyak lagi. But it’s ok lah ya, apapun itu udah jadi pilihanku, let’s get shit done and get up soon.

“Lid kamu yakin pindah ke sana? Kamu nanti di sana gak bisa nabung lho, lifestyle di sana tuh gak pernah habis…” kayaknya gak sedikit orang yang kasih wejangan seperti itu. But yeah, I don’t looking for lifestyle here.

Roti tawar Sariroti dan susu kental manis udah jadi sahabatku di sini. Bener-bener harus puasa dari lapar mata. Bahkan aku download aplikasi MoneyWise yang bisa ngeliatin expense keseharian buat apa. Tenang, ngirit tapi gak mempersulit diri kok. Hanya saja, pintar mengatur keuangan. Beli apa yang bener-bener dibutuhin, apalagi masih baru di sini.

Nangis di toilet gedung kantor gara-gara gak dapet Grab bike dan Go-ride
Aduh ini malu-maluin tapi gemes kalo gak diceritain. Waktu itu sekitar jam 7–8 malam daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Udah pamit ke temen kantor mau pulang dan turun ke lobby. Padahal di atas udah dapet driver mau jemput tapi pas di bawah abangnya cancel. Wtf…

Dan ternyata jalanan macet parah, rush hour, di lobby banyak mbak-mbak dan mas-mas berkalung lanyard berbeda pada ngemper semua. Senasib: buka tutup aplikasi Grab/Gojek yang ujung-ujungnya “Our driver is busy, back to book screen”. Malem itu pas lagi haid, sakit bukan main, diphp lagi sama abangnya. Mau balik lagi ke kantor malu udah pamitan, yaudah ke kamar mandi lobby dan tiba-tiba nangis disitu. Dalam hati cuma bilang, “Pengen pulang, kangen Malang…”

Hehe lucu ya. Dasar lemah. But it’s ok. Semua pasti akan baik-baik aja. Jadi penasaran, sebenernya apa ya yang aku cari disini. Sebenernya ya gak kepepet juga sih harus ke sini, kalo mau dapet kesempatan di Jawa Timur pun masih ada. But again, why I’m here?

Kadang tiap malem kalo mau tidur pun, sambil natap tembok, “Why you’re here, Lid? What are you looking for?”

Tembok aja gak bisa jawab apalagi aku ya.

Udah sih itu aja ceritanya. Gak nyesel kan bacanya? Kan aku udah bilang di awal tadi, postingan ini cerita tentang susahnya aja, masih belum ada sukses-suksesnya wkekekek. Last note from me, apapun yang kalian lakukan sekarang, do the best and push your limit. Kita lihat hasilnya nanti seperti apa ya :)

Cheers,
Lidya Charolina
15 Desember 2018, di pojokan warung kopi yang penuh asap rokok (shit padahal baru keramas).

You Might Also Like

3 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. hai lidia, ga sengaja baca blog kmu, sama2 dari genteng jg. tetap semangat ya apalagi di jakarta, memang ga mudah buat awal disini, 1-2 bln biasanya stres, tp yg terpenting adalah pengalaman yg blm tentu bisa didapat di kota lain, aku sendiri hampir 20 th di jkt, sejak lulus sma. jangan tanya awal2 aku disini gmn, sama. stress. why i'm here itu beneran ada kok hehe.. oh iya, aku alumni sma 1 gtg, semoga kita satu alumni.

    sekali lagi tetap semangat ya pantang menyerah. klo kmu butuh info/bantuan ga usah sungkan kontak aku, mungkin di genteng kita ga kenal, tp di perantauan kita saudara.

    salam kenal.

    ReplyDelete

Subscribe