Wisata Underwater Malang, Sumber Sira Putukrejo Wajib Masuk Bucketlist

by - May 07, 2018


Karena Kota Malang udah makin panas, rasanya pengen cari tempat yang adem sekaligus cocok buat nambahin feed baru di Instagram. Pilihannya jatuh pada Sumber Sira, salah satu tempat wisata underwater hits di Malang. Mau tau ada apa aja di Sumber Sira Putukrejo?

Lokasi Menuju Sumber Sira Putukrejo
Pemandian sumber mata air asli ini berlokasi di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Untuk bisa sampai ke Sumber Sira, ada dua jalur alternatif. Rute pertama bisa dari Kota Malang menuju Kecamatan Bululawang melewati Gor Ken Arok yang nantinya akan melewati pertigaan Pabrik Krebet Senggrok hingga PT Du Pont Pioneer. Kalau dari rute ini lokasi Sumber Sira ada di sebelah kanan jalan, ada papan petunjuknya, jangan sampai bablas ya.
Rute kedua dari Kota Malang lewat Kepanjen, mengikuti rute Kendalpayak-Pakisaji lalu dilanjutkan ke Jalan Raya Sukoharjo ke utara. Ada papan ke arah Pabrik Krebet Bululawang ikuti saja sampai melewati jembatan Sungai Brantas. Selanjutnya memasuki area persawahan warga dan ada papan petunjuk menuju Sumber Sira atau bisa tanya ke penduduk sekitar biar gak nyasar.



Biaya Tiket Masuk dan Fasilitas di Sumber Sira Putukrejo Malang
Tiket masuk 3 ribu per orang, sedangkan parkir motor 2 ribu. Di Sumber Sira sudah ada kamar mandi dan toilet, jadi gak perlu khawatir yang mau bilas ganti baju atau kebelet sesuatu. 
Selain kamar mandi juga ada warung-warung gorengan dan kopi penyelamat kelaparan sehabis menyelam. Warungnya murah banget dan worth it, gorengan lima ratus rupiah masih bisa ditemukan di sini.
Gak perlu khawatir, di Sumber Sira juga menyediakan ban yang dibanderol 5 ribu saja untuk kamu yang pengen tetep mengambang walau tak bisa berenang.

Bagaimana sensasi bermain di Sumber Sira Putukrejo?
Kolam Sumber Sira cukup luas dan kedalaman airnya 1 meter di pinggiran, semakin ke tengah semakin dalam dan banyak lumutnya. Di area tengah banyak lumutnya, cocok sekali untuk snorkeling ala ala sekaligus foto underwater. Airnya dingin dan segar, paling cocok ke sini di jam 10-12 siang. Karena pas cahaya matahari nembus air, airnya kelihatan bening dan wah...istimewa pol.


Peralatan yang wajib di bawa saat di Sumber Sira Putujreko
1. Baju ganti. Baju luar dan dalam jangan sampai ketinggalan atau kamu akan menyesal cuma gigit jari gak bisa nyebur hanya karena gak ada serp.
2. Kacamata berenang. Ini juga penting, walau pun airnya gak bikin mata pedih tapi eman kalau ke sini gak menikmati pemandangan bawah air.
3. Case waterproof. Udah, kesini gak perlu nunggu gear hebat kayak Go Pro atau action cam lain. Cukup bawa case waterproof atau bawa uang saku 10-15 ribu untuk beli case waterproof di sini juga ada.

Sekian dulu info tipis tentang Sumber Sira, tempat wisata underwater di Malang yang wajib kamu datangi. Jadi, kapan ngajak temenmu menyelam di sini?

You May Also Like

2 comments

  1. Seru banget bisa snorkeling ala-ala. Malang ternyata punya banyak tempat wisata ya mbak. Aku kalo ke Jawa Timur sukanya beli keripik buah apel Malang mbak, hehehe. Nice sharing mbak Lidya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabari lah kalau ke Malang, aku ajak keliling hehe

      Delete