Berendam di Kolam Air Belerang PAPA Songgoriti, Panas Gimana Gitu

by - May 01, 2018


Udah penat sama aktivitas kerja yang menyita waktu Senin-Jumat, saatnya balas dendam di akhir pekan. Biasa lah sindrom hari Jumat, kontak temen-temen yang punya agenda kosong dan mau diajakin main. Akhirnya ketemu satu temen yang juga sama-sama pengen kabur dari Kota Malang.

"Mau gak Lid nyobain berendam di air belerang?" tanya Devina, temen dari project Google Gapura Digital dulu.

"Dimana itu, Dev?"
"Di Songgoriti, Lid."

Oke deh, di saat itu juga searching informasi tempat pemandiannya; namanya PAPA Songgoriti. Belum pernah berpengalaman berendam di air belerang sih, jadi ya penasaran dan kayaknya menarik untuk dicoba.


Kami berdua berangkat dari Sawojajar sepeda motoran berdua pukul 10 pagi. Kebetulan di jalan inget, lupa bawa daleman. Jadinya kami berdua mampir dulu di Pasar Songgoriti di depannya wisata Tirta Nirwana Songgoriti. Nah setelah beli daleman, kami berdua kelaperan dan mampir dulu beli pop mie sekaligus es degan seger di siang bolong.


Lokasi menuju PAPA Songgoriti

Alamat PAPA Songgoriti tepatnya ada di Jalan Songgoriti No 51, Desa Songgokerto. Cek aja peta di Google Maps-nya (ini linknya).

Untuk bisa sampai ke sini, dari arah alun-alun Kota Batu lurus saja sampai ada palang arah Songgoriti di kanan jalan. Nah dari situ masuk aja, kalian akan ketemu sama Hotel PAPA Songgoriti, belok kiri akan ketemu pertigaan Tirta Nirwana Songgoriti dan pasar. Lalu belok kiri, PAPA Songgoriti ada di kiri jalan. Kalau kalian melihat Candi Songgoriti, nah cari parkiran terdekat dan masuk. Karena pemandiannya ada di belakang Candi Songgoriti.


Fasilitas PAPA Songgoriti
Di PAPA Songgoriti sudah disiapkan kamar mandi untuk bilas. Yang perlu kalian bawa adalah handuk pribadi dan baju ganti. Di sini juga ada kantin yang siap menampung kelaparan kalian sehabis berendam. 

Harga tiket masuk PAPA Songgoriti

Harga tiket masuk PAPA Songgoriti 20 ribu, 15 ribu untuk biaya berendamnya sedangkan 5 ribu untuk bonus snack dan teh hangat. Ada dua pilihan dari tiket 20 ribu itu, terserah mau berendam di kamar yang ada bathup-nya dengan durasi 30 menit.


Nih bisa cek harga paketnya ya
Pilihan kedua berendam di kolam luar, bebas mau berendam berapa lama. Kami berdua memilih berendam di kolam luar, karena lebih terbuka dan gak ada batasan durasi. Bodohnya, kami berdua sampai di PAPA Songgoriti jam 12 teng. Pas banget matahari lagi tersenyum ceria di atas.


Karena udah terlanjur bayar, kami berdua mau gak mau mencoba 'menikmati' sensasi berendam di air belerang di bawah terik raja hari. Pas ngetes kadar kepanasannya pakai ujung kaki, nyess, panas pol. Kita berdua langsung bertatapan, yakin gak nih nyebur.

"Adududuh aw aw aw...Bismillah....adududuh..."


Kami berdua udah kayak orang mau melahirkan, perlahan menceburkan diri di kolam yang gak terlalu dalam itu. Jangan tanya panasnya kayak apa, kalau bawa telur mentah bisa mateng sih kalo dibiarin 10 menit disitu. 



ekspresi kepanasan atas bawah nih huhu
Sebenernya enak banget bisa berendam di kolam belerang ini, tapi timing-nya gak pas. Kami berdua udah kepanasan dari ubun-ubun plus airnya yang mijit-mijit anget. Cuma dua kali nyebur, kami berdua memutuskan untuk menyudahi pemandian panas ini. Karena bener-bener panas :(

Emang sebenernya kalian gak boleh lama-lama berendam di air belerang sih. Maksimal 30 menitan lah itu udah batas wajarnya. Kalo lebih dari itu bisa-bisa kulit kalian melepuh. Tapi so far kalian wajib nyobain ke sini sih, kapan lagi bisa nyobain sensasi berendam air belerang dengan harga cukup murah?

Ini bathup di kamar mandi private, satu kamar satu bathup dengan durasi 30 menit
Jadi, sudah ada planning berendam air belerang di PAPA Songgoriti?

You May Also Like

0 comments