Menikmati Sunset di Bukit Asmara sekaligus Teduhnya Pantai Ngudel

by - May 05, 2018


Setelah menjelajah Pantai Teluk Asmara dan Pantai Watu Leter, sekarang mau kasih info tipis tipis nih tentang Pantai Ngudel. Berbeda dengan Pantai Teluk Asmara yang punya air tenang dan kehijauan, kalau di Pantai Ngudel ombaknya agak galak. Biar pun ombaknya gak santai, di pantai yang berbatasan dengan Samudra Hindia ini kalian dapet bonus naik ke Bukit Asmara. Emang ada apa di Bukit Asmara?

Kenalan sama Pantai Ngudel dulu
Pantai Ngudel merupakan jajaran pantai selatan, masih tetanggaan dengan Pantai Kuncaran dan Pantai Ngandol. Jadi kalau masih punya energi lebih, boleh lah mampir ke kedua pantai itu.
Sedikit sejarah kenapa disebut Ngudel, karena di pantai ada batu besar di tengah-tengah, nah di sebelah batu itu ada pusaran ombak yang besar, orang-orang menyebutnya "Ngudel" yang artinya pusaran. Pasirnya putih, pesisirnya dibatasi oleh karang, dan suara deburan ombaknya bikin tentram.

Di Pantai Ngudel hawanya sejuk dan teduh, ada pohon cemara udang
Umur pohon cemara udahnya baru dua tahun, biarpun begitu udah cukup teduh dan cocok banget buat nge-camp. Awalnya kesini pas siang kesorean masih sepi, pikirku pantai ini gak populer. Eh pas menjelang sunset, justru banyak pengunjung datang dan mendirikin tenda. Kemarin sempat ngadain acara Kartini nge-camp di Pantai Ngudel, seru! Kalau punya impian menginap di pantai, Pantai Ngudel bisa jadi salah satu bucketlist


Udah siap diculik monster IT belum nih?
Di Pantai Ngudel boleh berenang, asalkan...
Sebenernya gak boleh berenang. Hanya boleh berenang di jam 4 sore hingga jam 11 siang, selebihnya gak boleh karena ombaknya udah gak kalem lagi. Berenangnya pun masih dalam pengawasan penjaga pantai, jauh dikit udah diteriakin pakai toa. Karena keselamatan pengunjung lebih penting, jadi jangan baper kalau diteriakin sama penjaga pantai. Oh ya, berenangnya di pesisir sebelah kiri dan gak boleh terlalu jauh ke dalam, karena bebatuan karangnya ada bulu babi. You must be careful!

Pemandangan Istimewa dari Bukit Asmara
Bukit Asmara masih satu area dengan Pantai Ngudel, tiketnya gratis gak perlu bayar lagi. Perlu tracking 15 menit untuk naik ke atas. Saran sih, kalau kalian mau kesini mending pagi atau sore. Jadi masih bisa menikmati pemandangan sunrise atau sunset pantai selatan di Bukit Asmara. Kalau udah naik ke sini, fix kalian pasti kepengen ngajak orang lain untuk datang lagi ke sini dan bilang, "Ayok ke Bukit Asmaraaaa!!!"


Can you spot the light?
Lokasi Bukit Asmara ada di Pantai Ngudel
Tepatnya di Desa Sidurejo, Gedangan, Kabupaten Malang. Kalau dari Kota Malang perjalanannya bisa mencapai 2-3 jam tanpa berhenti. Rute ke Bukit Asmara/Pantai Ngudel, bisa ambil rute Pantai Nganteb dari Gadang ke Turen, lalu ke arah Sumbermanjing dan ikuti aja jalur lintas selatan.

Kalau sudah di persimpangan Pantai Balekambang, bisa belok ke kiri dan perhatikan ada papan Pantai Ngudel. Nah masuk ke sana masih melewati jalan sepanjang 2 km, jalannya aman kok gak terlalu bebatuan bahkan sudah beraspal. 

Harga Tiket Pantai Ngudel dan Bukit Asmara
Harga tiket masuknya per orang 10 ribu, lalu parkir motor 10 ribu dan parkir mobil 15 ribu. Tiket masuk Bukit Asmara? Gratis! Langsung aja tracking ke atas, ada tanda panah menuju Bukit Asmara kok.

Fasilitas di Pantai Ngudel
Aman sudah ada toilet, musholla, warung yang menyediakan nasi sampai es kelapa muda. Minusnya, di Pantai Ngudel gak ada listrik. Jadi jangan harap bisa numpang ngecas hape di salah satu warung, persiapkan aja powerbank dari rumah.

Itu aja sih info tipis tentang Pantai Ngudel dan Bukit Asmara. Jadi kapan nih ngajakin si doi lihat sunset di Bukit Asmara?


Kapan ke sini?

You May Also Like

0 comments