Kartini Jaman Now Camp: Serunya Nge-Camp Bareng Para Wanita Tangguh

by - April 27, 2018


"Lid, coba pikirin Kartini nanti kita mau bikin apa?" tanya salah satu atasan di ruang meeting. Disitulah awal punya ide, gimana kalau nge-camp di pantai dan melakukan kegiatan positif di sana.

Setelah riset sana sini, akhirnya menyusun ide Kartini Jaman Now Camp by Travelingyuk.com. Awalnya rada iseng, bisa gak ya di pantai ngadain lomba masak, lomba make up, dan bersih-bersih pantai sekaligus dalam waktu 1,5 hari aja. Inilah alasan kenapa bulan lalu survei ke Pantai Teluk Asmara, Pantai Watu Leter, dan Pantai Ngudel sekaligus Bukit Asmara-nya---untuk realisasi ide 'iseng' ini.

Dalam persiapan yang singkat, Kartini Jaman Now Camp yang baru rilis 16 April 2018 dalam sehari udah full booked. Oh ya, betewe semua peserta wanita termasuk aku ke pantainya sepeda motoran loh. Berangkat jam 10 pagi sampai sana jam 14.32 dan langsung mendirikan tenda masing-masing.

Sini aku ceritain kita ngapain aja sih di pantai?

1. Ngumpulin sampah plastik di Pantai Ngudel


Pesertanya dibagi jadi 5 tim, satu tim bawa bekal trashbag dan menyisiri Pantai Ngudel untuk mencari sampah plastik mulai jam 16.30 sampai jam 17.30. Tim paling banyak sampah dapet hadiah celemek, teplon telur, dan lap tangan. Itu hadiahnya aku pilihin random di Shopee buat gimmick aja. Kocak deh pokoknya.

2. Melihat sunset di Bukit Asmara


Karena udah survei ke tempat ini sebelumnya, jadi udah tau spot mana aja yang bisa dieksplor. Gak jauh dari Pantai Ngudel, Bukit Asmara cuma 20 menitan aja mendaki ke atas, Dan...voila, selamat menikamti sunset pantai selatan malang :)

3. Sarasehan, kenalan satu sama lain


Malamnya cool down dulu sesi sharing dan kenalan. Satu persatu memperkenalkan diri dan cerita pengalaman travelingnya, mulai dari yang apes sampai horor. Oh ya, para peserta disini terdiri dari lintas usia. Mulai SMA, mahasiswa, karyawan, sampai ibu-ibu rumah tangga. Eits, jangan salah, justru disitu letak keseruannya.

4. Tepuk-tepuk foundation & oles-oles eye-shadow di pinggir pantai


Awalnya gak kebayang sih lomba make up di pinggir pantai. Kabar baiknya, di Pantai Ngudel ada pohon cemara udang yang baru umur 2 tahun jadi teduh dan gak panas. Untungnya lagi, kegiatan ini dapet support dari Inez Cosmetics (gak rugi dulu ikut organisasi langganan jadi tukang sponsorship).

Ada 20 wanita berpartisipasi pakai kebaya sambil merias wajahnya. Lucu banget, beberapa peserta ada yang kaku pakai make up dan dibantu sama timnya. 

5. Lomba masak kreasi mie instan, ada yang berhasil bikin kebab mie & burger mie lho!


Padahal peralatannya sangat-sangat sederhana, kompor kecil nesting (bener gak sih sebutannya) yang pakai wonderfuel gas kaleng, tapi hasil karya buatan ibu-ibu luar biasa. Ada yang bikin menu mie goreng sambal mata buatan sendiri, burger mie ada ham dan seladanya, ada juga kebab mie plus brokoli hijau di dalamnya. Keren gak sih?

Alhamdulillah dengan diawali dan ditutup dengan doa, acaranya berjalan lancar. Yang paling ditakutkan adalah hujan deras dan kita gak bisa ngapa-ngapain, syukurlah, tidak terjadi.


Sebenernya ini juga pengalaman pertama. Bikin acara outdoor, mengatur peserta, tanggung jawab logistik, sewa peralatan sampai bantu dirikan 9 tenda. Capek sih iya, tapi kalah sama seru dan pengalaman yang gak mungkin terulang lagi seperti ini.


"Kapan lid ngadain acara kayak gini lagi?" tanya atasan setelah review kegiatan Kartini Jaman Now Camp. 

You May Also Like

0 comments