Nyobain Kopi Ghelis di Tekodeko Koffiehuis, Manisnya Bikin Inget Terus

by - February 20, 2018





Ini pertama kalinya explore Semarang. Kesan pertama tentang kota sejarah ini...panas. Teriknya matahari siang hari mantul dari aspal dan bikin gerah. Belum lagi bulan kasih sayang dan imlek ini Semarang sering hujan badai. Tapi itu sama sekali bukan masalah. Karena Semarang punya jawaban untuk pelipur lara bagi pendatang baru. Salah satunya coffee shop yang ada di kota tua ini, Tekodeko Koffiehuis.

Awalnya bisa tau ada Tekodeko karena kecanggihan mesin penulusuran. Waktu masih di Malang iseng browsing coffee shop rekomen untuk didatangi. Dan Tekodeko Konffiehuis termasuk coffee shop yang jadi bucket list para pecinta kopi.

Tentang Kopi Akulturasi
Ini menu kopi yang gak boleh dilewatin. Kopi Akulturasi adalah kopi yang diambil dari ras masyarakat di Kota Semarang. Ada lima kopi; Kopi Gendhis, Kopi Cheng Li, Kopi Londo, Kopi Kota Lama, dan Kopi Arab.
Kalau Kopi Kota Arab, kopinya terinspirasi dari kampung Arab di Kauman atau Kopi Cheng Li yang terinspirasi dari perkampungan masyarakat Tionghoa di Pecinan.



Diantara kopi akulturasi yang paling best seller adalah Kopi Gendhis. Ini jadi kopi pilihan saya waktu itu. Kopi Gendhis, ramuan kopi dengan gula jawa cair dicampur susu lalu ditambahkan kopi. Taburan gula jawa sebagai topping juga ikut serta bikin kopi ini makin cantik. Layaknya jatuh cinta pada seruputan pertama, fix kalo ke Semarang kesini lagi.

Menu lain di Tekodeko Koffiehaus
Tidak hanya menyajikan menu kopi, coffee shop bertema vintage ini juga menawarkan menu lain. Hanya saja menu makannya bertema western. Jadi jangan ngarep ada pecel lele disini ya ehe. Waktu itu saya pesen camilan saja, Onion Rings, Fried Fries, dan Mushroom Crispy. Kalau laper banget, ada sandwich rendang disini katanya recommended.

Fasilitas di Tekodeko Koffiehas
Toilet ada di lantai dua, waktu kesini cukup bersih dan tersedia tisu. Pas naik ke lantai dua, rada "jomplang" sih atau tepatnya gak sekonsep dengan lantai 1. Di lantai dua yang suasana outdoor itu mungkin masih perkembangan, karena pelayannya bilang masih tutup. 
Di Tekodeko juga ada gimmick yang cukup artsy, ada coffiographic dan beberapa coretan tangan magis seniman tentang kopi. 



Lokasinya strategis
Ada di seberang Polsek Semarang Utama persis. Deket banget sama Statius Semarang Tawang, kalau jalan kaki kurang lebih 5 menit. Jadi kalau transit lumayan lama dari stasiun mending mampir kesini deh. Gereja Blenduk juga dekat dari sini. Beberapa jalur bis yang berhenti di dekat Tekodeko Koffiehaus antara lain 3B, 4, C10, C6.


Kalau ke Semarang mampir kesini ya. Ruangnya adem ber-AC dan berlentera kuning. Jadi bisa ngobrol lebih lama alias deep talk. Bahkan sekedar me time atau kerja remote juga bisa jadi pilihan karena tersedia wifi.

Ini cerita dari secangkir kopi di Semarang, sampai ketemu di cangkir lainnya ya :)


You May Also Like

2 comments