Bongkar bisnis database, bukan menipu tapi membodohi

by - October 21, 2017


Akhir-akhir ini rame banget  hasil screenshoot testimoni bisnis database di story Instagram yang cukup menggiurkan keuntungannya. Ini agak menarik sih, karena lagi booming banget testimoninya spam ada dimana-mana. Sebelum mengupas tuntas tentang bisnis database, well, I did not mean to start a war. Silahkan agan-agan atau sista sista yang mau terjun ke bisnis ini. Hanya saja, ijinkan saya berbagi untuk mengulas apa saja dibalik bisnis database ini. Karena saya resah lho, serius, dua teman selebgram saya yang followernya ribuan berbondong-bondong share testimoni tentang hebatnya bisnis database ini. Bahkan saya rasa, tulisan saya ini bisa jadi full of hatred karena saya rasa bisnis database ini memang cepat dapet duitnya tapi mudarat, alias tidak menguntungkan sama sekali. Menguntungkan secara materi iya, tapi merugikan banyak pihak. Yuk kita simak pelan-pelan.

Kita kenalan dulu deh, bisnis database itu apa sih? Database adalah file yang berisi kontak tertentu. Nah, bisnis database yang lagi hits ini adalah jualan data yang 'katanya' sih, berisi kontak mulai dari calon customer yang dikhususnya untuk online shop sampai kontak vendor tangan pertama supaya kalian bisa kontakin mereka satu-satu, dan nyari harga yang paling murah buat jadi reseller. Harapannya, kalian yang beli database-nya bisa manfaatin database itu untuk spam bisnis kalian atau kontakin satu-satu untuk kebutuhan bisnis kalian entah apapun itu.

Tapi...

Kenyataannya...

Tidak gaes. Cara kerja bisnis ini tidak begitu. Kalian yang sudah membeli database itu dengan harga 400 ribu, kalian juga harus bisa menjual database itu ke temen lainnya dengan harga yang sama. Dan itu seterusnya begitu, sistem bisnisnya berputar. Apa bedanya dengan MLM? Nah, banyak pelaku bisnis database yang bilang "ini tuh bukan MLM lho ya," tapi apa mbak? Bedanya, MLM itu keuntungan dipegang sama topline. Kalo di bisnis database, keuntungan sama rata. Karena kalian beli modal 400 ribu, dijualin lagi dengan harga 400 ribu. See? Jadi gak ada topline atau downline, tapi sama aja, virus bisnis ini akan terus menyebar.

Kalian tau gak aset dari bisnis database ini? Hayo yang kuliah di bisnis coba pikir, apa aset di bisnis database ini? Jawabannya adalah; testimoni. Semakin banyak testimoni, semakin booming bisnis ini di kalangan warga net alias netizen. Lucu gak sih? Disaat Gojek asetnya adalah manusia sebagai driver, bisnis database asetnya adalah testimoni. Jadi kalo kalian menemukan bisnis database yang saya bahas, penjualnya akan rajin share screenshoot testimoni dan foto-foto transferan ATM dari pembeli database.

Menguntungkan? IYA. Kalian beli database 400 ribu itu untuk satu kali aja, biasanya sih kalian akan dapet tawaran; file databasenya, e-book bimbingan bisnis ini (gak paham sampai ada e-booknya -_-), bimbingan online yang nantinya kalian akan dimasukkan di grup entah itu LINE atau WA. Dari modal yang dikeluarkan sekali, kalian bisa jual database yang kalian punya ke banyak orang. Misal sehari kalian dapat pembeli, kalian akan dapat 1200,000. Aduh dek gimana gak terlena abang dek sama bisnis beginian? Sesuai dengan hasutan bisnisnya; tinggal duduk diem manis dan cukup pegang smartphone aja. Ya memang bener, karena effort buat dapetin untung dari bisnis ini semudah itu. Iya, semudah itu.

Tapi, ayolah, berapa banyak orang kalian bodohi untuk menjadi seperti kalian? Instead of using the database, pelaku bisnis database ini memanfaatkan testimoni sebagai senjata untuk menjualkan kembali databasenya supaya modalnya balik berkali-kali lipat. Ayolah...kalian udah dikuliahin mahal-mahal, harusnya tau dan bisa bedain mana bisnis yang itu konkrit entah itu jasa atau produk, transparan, bukan jualan database yang sama sekali gak membuat Indonesia jauh lebih baik. But back again, who am I to judge? Saya mah apa cuma butiran debu, kena sapu lagi. Tulisan ini pun saya rasa akan kontra. Karena pelaku bisnis database ini dapetin duitnya real dan instan. Siapa bokk di dunia ini yang gak pengen dapet duit cepet? Coba bacak ilustrasi cerita di bawah ini...

Sebut saja namanya Siti. Siti tergiur melihat testimoni yang dia lihat di Instagram Story selebgram yang dia follow, sebut saja Kemang. Kemudian dia chat LINE lah si Kemang, si Kemang akhirnya memprospek tentang bisnis database ini dan mengirim no rekeningnya kepada si Siti. Siti tergiur dan mentransfer uang sebesar 400 ribu ke rekening Kemang. Kemudian Kemang mengirimkan database beserta e-booknya di email Siti dan memasukkan Siti ke dalam grup Kemang Go Success.

Di grup itu, Kemang terus memotivasi membernya untuk menjual database 400 ribu lewat media sosial. Kemang juga rajin mengirim screenshoot testimoni bisnis database untuk pemula seperti Siti. Siti pun mengupload testimoni itu di akun media sosialnya. Ternyata, ada 3 orang yang tergiur dengan ajakan Siti dan mentransfer uang ke Siti. Ayo, anak-anak, coba hitung berapa penghilan Siti dalam sehari? Yak, betul, satu juta dua ratus. Lalu, berapa margin penghasilan Siti? Modalnya 400 ribu dengan untung 1200 ribu, artinya dia sudah dapet laba 800 ribu. Bagaimana anak-anak, berminat untuk mencoba bisnis ini?

Yak, kurang lebih seperti itu sih cara kerja sistem bisnis database ini. Tapi bayangkan, akan ada berapa banyak orang seperti Siti (dalam cerita di atas) di Indonesia? Gak berkurang tapi semakin banyak. Bisnis semacam ini pun gak akan bertahan lama, karena pasar yang (maaf, dibodohi) akan semakin sedikit dan kompetitor banyak. Kompetitor itu adalah downline kalian sendiri, alias pembeli database dari kalian sendiri.

Well, tulisan ini akan mendapat banyak cacian dan makian. Karena pelaku bisnis database sudah meraja lela dan meraup keuntungan dari sini. I've been there. But again, I did not mean to start a war. Saya gak ganggu rejeki kalian, saya hanya berbagi bahwa bisnis database ini asetnya adalah testimoni. Yang mana, aduh, gimana ya jelasinnya. Pokoknya mudarat, alias gak baik lho teman-teman. Kalian memang untung, tapi tentu bisnis ini merugikan karena gak ada wujudnya. Bener kok, database dan e-book itu berwujud dalam bentuk binari yang diakses online. Yang saya maksud wujud adalah esensi dari produk itu.

Tidak akan berpanjang-panjang untuk cerita. Sama halnya dengan bahasan saya kemarin tentang bisnis nikahsirri.com. Saya hanya berpesan, sesuatu hal yang didapatkan tanpa usaha keras maka tidak akan awet. Cari duit itu gampang, tapi cari makna dalam bagaimana mencari duit itu perlu dipertimbangkan dengan baik. Halal kah atau haram. Benar kah atau salah. Segala sesuatu yang baik pun belum tentu benar. Baik di kamu, untung banyak, tapi apakah bisnis ini benar untuk semua umat? Eaa...udah kayak motivator yang tiap menit dapet tepuk tangan?


Last but not least, nothing worth having comes easy. Sesuatu yang berharga itu dihasilkan dari kerja keras dan usaha, usaha pun tidak segampang itu :)
Artikel TS lain bisa kalian baca di Kaskuks (ini linknya) atau sebuah forum diskusi online (ini linknya).

You May Also Like

169 comments

  1. wah, jadi begtu ya cara kerja bisnis database. sepertinya, bisnis seperti ini bisa merugikan pihak yang datanya dijual belikan. Bayangkan aja, kalau kontak kita masuk ke sana. Lalu kena spam iklan, penipuan dst. Bisa membuat sang pemilik nomor merasa dirugikan. Tapi ya, sangat susah ngetrack dari mana mreka mendpat data2 sperti itu.
    Tapi ya bisnis ini bisa dibilang bisnis kecil yang dimiliki oleh fb, google dst. yang mungkin saja, merka sama2 menjual data. tapi yg mreka jual bukan hanya data, tpi service lain.
    Gak kayak bisnis database ini yang pure jual data terus tanpa paham efek yang ditimbulkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps. They did not know what exactly they doing.

      Delete
    2. padahal td malam barusan nge chat salah satu member dropnshop... tergiur banget, tp setelah baca artikel d atas gak jd deh gabung, soalnya ad benernya juga yg d tulis d atas ...

      Delete
    3. Iya ini bisnis tipu2.. Masa saya cuma Tanya domisili nya dmn Dan minta capture KTP nya dia orang lgsg sewot Dan blok no HP says... Ya sukur dh... Lagian aneh katanya dropshiper, tapi di IG dia posting packing2 sendiri sekian byk produk yg mau dikirim, pdhl di awal KT nya yg proses packing & delivery Dari supplier lgsg... Tlg share ke teman Dan saudara2 lainnya jgn tergiur dgn yg namanya dropnshop.. Waspadalah

      Delete
    4. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
    5. Well, saya rasa sah-sah aja ya, ini udah tahun 2018 dan ke depannya pengguna smartphone akan makin tambah buaaaanyak, akan semakin banyak juga produk digital lain yang dijual (ebook, mp3, website, aplikasi android, video tutorial dll) semuanya sejenis sama produk database. So, apanya yg salah ya, prinsip jual beli kan selama ada permintaan dan persediaan sah2 aja, yg penting produk tersebut membawa asas manfaat dan bisa dipertanggungjawabkan. Apakah kerja di jaman sekarang cuman harus jual produk fisik? orang jual beli produk digital terus dianggap bodoh, malas, ga kerja?

      Delete
    6. Dan beda nya lagi kalo guru mengajarkan muridnya ke jalan yng bener, klo dropshop menyesatkan alias membodohi, udah bodoh di bodohin pulang lagi, kalian emang gak ada otak

      Delete
    7. Hmm... gimana ya... yang saya tangkap sih cuma jual item yang harus dijual lag dengan harga sama & item tersebut adalah ebook atau logo. Ngapain jual yg gitu... mending jadi disainer aja jual logo. Tidak membodohi orang lain

      Delete
    8. Ini org bahasanya jelek amat.

      Delete
  2. Tapi bukannya dengan adanya database yang mana isinya contact supplier itu malah jadi menguntungkan untuk supplier tersebut yah ? Dan bukan tidak menutuo kemungkinan kan orang yang gabung bisnis tersebut mungjin dia juga mau buka toko online ? So thats the easy way to get their supplier. Saya rasa tidak ada yang salah dengab para penjual data. Dan banyak juga kok supplier yang ikutan gabung untuk mempromosikan jualannya. So how about that ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan kalau databasenya emang bener. Masalahnya databasenya sering uda gak valid/ga update. Nomornya uda ada yg ga bisa dicontact.

      Di LINE, bisnis ini uda ada sejak 2 tahun yg lalu. Pernah berjaya dgn mengandalkan jasa paid promote via LINE@ blogger.

      Delete
    2. bener kata mbaknya, jdi bisa nemuin suplier yg murah juga. database itu bukannya stiap harinya di upgrade data-datanya..

      Delete
    3. Banyak org pintar tapi tidak bermanfaat, saya selalu buktikan sebelum ngomong. Jadi otak ada manfaatnya buat org. Sayangnya yang bikin artikel menyebutkan nama bisnis yang selalu upgrade file suppliernya. Dan ngasih edukasi tidak seperti yang dibilang oleh pemilik Blog. Di dropnshop ada ebook class Strategy marketingnya jadi jelas bukan membodohi tp mencerdaskan.
      Yang masih nyinyir mending join dan pelajari deh. Toh banyak yang terbantu, dr yang pengen usaha online sampai suppliernya jd banyak orderan juga.

      Delete
  3. Sama kayak money game kalau begitu atau jualan e book2 atau web replika yg dl sempat booming. Caranya bikin org tergiur dan penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu gk tau jangan meningan jangan asal jeplak nanti bicaranya harus dipertanggung jawabkan mba

      Delete
  4. thanks ba, ulasan bermanfaat banget, ga jadi ah join bisnis ginian kalo cara kerjanya seperti penjelasan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NANGGAPIN PENDAPAT SALAH SATU BLOGGER TENTANG DROPNSHOP YG DIA ANGGAP NEGATIF ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡
      .
      Komentar orang yang menggapi si blogger. Dan ini org yg selalu bepikiran positif tanpa menjatuhkan org lain masyaallah๐Ÿค—๐Ÿค— #noiridengkidosa
      .
      TANGGAPAN OWNER๐Ÿ‘‡
      Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop. Dan wajarkan org beda pemahaman.
      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan aja. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
    2. Yang saya lihat bagus bisnisnya. Ilmu marketingnya bagus. Jd yg salah kalo ada yg ga berhasil karena ga baca semua ebook class Strateginya.
      Soalnya ini bisnis bagus di era digital dan Internet.

      Delete
  5. sebuah tulisan yang sangat bermanfaat mbak,
    andai semua orang Indonesia mempunyai pikiran seperti mbak,
    kadang kala bingung dengan orang yang (maaf) mau dibodohi dengan iming-iming uang,
    memang manusia butuh uang tapi hello ini zaman dimana semua orang gak mau lagi di perbudak, tapi tidak dengan cara menipu juga sih -_-
    melalui database yang katanya modal sekali untung berkali-kali itu hanya gimmick untuk PEMALAS!!
    Thanks mbak, suksess terus yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  6. Betul gan ..bisnis ini emang menguntungkan dan hasilnya jutaan dalam tand kutip ya elah hehe..knpa dalam tanda kutip karena kalo mau cepet dapet untung kita harus keluarin modal lagi broo buat promosiin database ini ...promisinya itu dgn cara bisa paid promot ke selebgram,artis terkenal ataupun ig yg foliwernya banyak kyk gambar lucu...bisa juga bc lewat oa line ataupun time line ny.dan biayanya juga ga murah ...kalo bc di line bisa sampe 500k loohh.

    Jadi intinya yg sukses dari database ini kebanyakan yg punya modal lebih...kenapa ane tau kareba ane pernah nyoba ke gini 2 tahun lalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat database nya valid bro? gw ngincer database nya si, lumayan kontak supplier tangan pertama.

      Delete
  7. Simpelnya...orang2 yang menjual database lebih suka menjual lagi ke orang lain drpd cari supplier yg murah dan untuk di jadikan supplier bisnis di dunia nyata. Dan akhirnya bisnis member pay member lah yang terjadi.

    Sedih banget kok ga pinter2nya mereka dan yg ikutan kok ga kapok2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah jualan pulsa aja kalau mau nambah database, pake kolom nama, alamat, no hp, email dll. Jadi kan database? Udh jadi tukang pulsa, jadi juga tukang database

      Delete
  8. jadi bgitu ceritanya... tks buat penulis.. saya baru saja ditawari bisnis ini unt ke 2 kalinya... dr org yg sama... NIAT banget spy sy mau join... padahal.. sy lebih percaya sama bisnis yg real.. jika blm ada bisnis real.. lbih baik jd kryawan saja.. dbnding ikut bisnis online yg katanya cuma cukup duduk manis, uang datang sendiri.. dimana berkahnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
    2. Mba nya kepanasan ya takut yg lain ga kegiur bisnis mba, STOP MAKING STUPID PEOPLE MBA PLIS

      Delete
    3. Jangan ajak orang kembali ke jaman batu, ini jaman Internet.
      Yang ketakutan justru mungkin yang bikin artikel. Kali aja dia punya bisnis online. Jadi takut kesiangan karena rahasia sukses bisnis online Shop di bongkar disini.
      Ini bisnis keren yang meng edukasi, dan mengajak org untuk kekinian.

      Delete
  9. Penjelasannya keren mbak. Jadi tahu bagaimana sistem kerjanya, jujur menggiurkan banget, tp ya gak berkah

    ReplyDelete
  10. Trims pencerahannya mba.. Sejujur nya aku penasaran,, blm pernah ditawarin sih cuman ada tmn di ig nya selalu posting bisnis ini.. Posting dpt transferannya lah.. Jd Curiga bisnis apaan coba database bgini.. Pas googling nemu tulisan Mba nya.. Jd dpt pencerahan.. Dan ga minat sama sekali.. Trims mba

    ReplyDelete
  11. Iya mbak ,mending kalo dijelasin dari awal mbak,lha kadang cuma dibikin bego mulu n gk dijelasin seperti apa cara kerjanya,so kan kita jd penasaran soalnya banyak juga kan kita yg ngaku ngerti internet tp sbtulnya gaptek dg istilah internet,jd yho makin penasaran, kan banyak banget kaya bitcoin dll yg real, tp ini buju buneng bangsat gue kena tipu dulu sial tau pas dimasukin grup wasap n tahu cara kerjanya gue lsg ogah n iklasin uang gue dimakan ma bangsat bangsat malas noh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ˜‚sediih aku juga haha, mental pemalas yg ingin hasil instan... pi ya kita doa'in aja smga cpet sadar, jual gorengan lebih berkah, nabung sedikit asal bermanfaat, idup mah lurus2 aja... nggk usah ngejer hasil dunia yg wahhhhh.. belum tentu niatnya bener buat apa, toh udah meninggal mah di pertanggungjawabin... haha cmoon, sampai kapan mental pembodohan,pemalas, belom ada modal ya kerja, udah ada wirausaha sedikit demi sedikit.... ketinggian mikirin dunia teruss mah... #Takbirr

      Delete
  12. Sebenar ny bisnis database ini tergantung kamu sendiri klo mau join ya udh join terus bnr ya klo buat pedagang olshop ini menguntungkan dpt harga murah lho...
    Sebnr ny yg kya gini itu nggak usah dipermslhkan aja soal ny yg rugi siapa yg untung siapa... Bagus aja sih buat kasih info ny tapi jgn juga sampai menjatuhkan bisnis mereka yg database kasihan lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan menipu tapi membodohi ,dasar bangsat kau mau jadi apa rakyat Indonesia kalo kaya gini terus ,dasar bisnisnya orang bego ,gak masuk akal ,so kalian di kuliahan mahal2 cuma baut bisnis ginian ,hah anak kecil juga bisa coeg . Gue hack sekalian tuh aplikasi dropnshop ,awas aja Luh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Delete
    2. Join aja mas dan pelajari, dari pada mencela dapat dosa.

      Delete
  13. Kalo di pikir" emng bnr sih dia itu jualan data bukan barang, gada ada salahnya juga ikut bisnis ini tapi alangka baiknya lebih baik sukses dengan hasil keringat/usaha sendiri.

    ReplyDelete
  14. Mau nanyaa penipuannga dimana ya? Orang keuntungan yg di dapet nya jelas ko dan uangnya juga real, memang ini seprti mlm merekrut orang untuk beli file kita dan mendapatkan keuntungan. Kalo soal merugikan org saya rasa tidak, justru saling membantu iyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan gitu gan, kalo yg beli itu untuk kepentingan sendiri sperti mau buka olshop atau offshop gitu sih gak papa, tpi kan ini kebanyakan orang kan lebih ke menjual data nya aja yg gak ada bentuk fisik nya dan terus berputar ke pembeli2 lainnya, memang sebenarnya tidak merugikan juga bagi yg membeli karna data yg didapat bisa dijual lagi ke pembili lainyya dngan keuntungan yg berkali lipat pastinya, tapi itu ya pwmbodohan namanya kalo dalam agama pun mungkin itu uang yang didapatkan tidak halal maaf bukan sok tau tapi kenyataan itu tidak menjual barang dqlam bentuk fisik yg dapat dimakan atau digunakan pembeli yg terbodohi. Mending cari pekerjaan yg sudah pasti halal aja, mungkin yg maaf mentuhankan dropnshop itu cuma orang yg pemalas, pengangguran, tidak mau kerja dengan hasil yg nyata ada difisiknya

      Delete
    2. Tapi kan bukan pemalas juga bro maaf sambil kerja gaji real sambil online sampingan lumyan ga ..maff juga ngojek aja sekali orrder hampir sama untungnya bahkan lebih untung dropnshop

      Delete
  15. Sempet tergiur. Persis banget, selebgram yg aku follow ngasih testimoni keuntungan tiada terhingga. Untung nemu di sini. Ah enggak jadi nyoba ah.. Aku kerja fisik aja. InsyaAllah lebih halal.

    ReplyDelete
  16. Thanks buat tulisannya mba...
    Hampir tergiur..dn untungnya saya cari tahu dulu gak langsung kebelet pengen join..

    ReplyDelete
  17. Superrrr

    Sebenarnya udah gerah banget sama orang cari duit macam ini...
    Ini udah ada dari tahun 2010,
    Dulu sempat tertarik.. Untung saat chat dengan seller nya doi jujur dan kasih tau gamblang apa isibdi dalam nya, dia pun merasa di tipu karena bisnis ini Intinya bukan jualbdatabase atau ebook Tapi yaa member get member...

    Haram??? Jelas haram .. Karena semua isi dari bisinis ini ketidak jelasan plus kebohongan, karena inti dari bisnis ini bukan jual database, saya yakin mereka si pemalas pemalas itu juga mengakui nya.. Anggota baru di suruh transfer baru diberitahu intinya "dia membayar tapi dari awal dia gatau apa yang mau dibeli"...
    Kasihan sebenarnya orang orang yang susah payah cari uang kemudian ditipu dengan penipuan legal kaya gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  18. Thanks mba membantu sekali, beberapa waktu sempet galau pengen ikutan.. ditambah memang teman saya salah satu yang menjalankan bisnis tersebut jadi ya percaya saja. baru saja mau saya transfer ikutan tapi sejak subuh malah makin ngga yakin sama bisnis ini. karena saya berpikir tidak semua orang memiliki modal segitu apalagi mereka menggantungkan harapan besar setelahnya. kasian jadinya sama yang nantinya akan saya rekrut lagi...

    Alhamdulillah sekarang jadi ada pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  19. Tadinya sempet tergiur dengan bisnis database ini,,tapi untungnya saya langsung mencari tahu apa itu bisnis database,dan menemukan article ini,,sangat bermanfaat,,dan mulai mendapatkan pencerahan,,,Terimakasih mbak atas article nya,sangat membantu,,

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah jadi ngerti bnget soal yg ginian dan kenapa bnyak selebram, artis, atau oa line yg kasih testimoni tpi fitur komen nya d tutup.. Seakan kita harus langsung join ke account yg di tag sama selebrgam atau artis tsb


    Artikel yg sangat berguna

    ReplyDelete
  21. terima kasih postingannya. sangat bermanfaat. bila yang kita cari adalah keberkahan maka bisnis ginian tidak cocok. karena pasti kita akan mencari orang dan orang yang pernah kita masukkan harus mencari/memasukkan orang lagi. dan akhirnya akan kemungkinan ada orang yang tidak balik modalnya dibawah jaringan kita.

    kecuali anda sudah tau isi database adalah koleksi kontak para pebisnis yang memberikan kesempatan untuk dropshipping baru bagus dan anda berpengalaman di bidang itu. sehingga anda bisa menjalin kerjasama dengan mereka sebagai dropshipper.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
    2. Ini komen lho udah berapa x saya temui. Cuma copy paste. Semakin mencurigakan bidnis database ini. Saya setuju dg penulis artikel ini.

      Delete
    3. Wkwkw ia ya ada mulu

      Delete
    4. ini koment gak ada yang dukung jadi munculnya kaya tuyul ber kali x wk wkw k

      Delete
  22. Bagus bgt kak tulisan nya. Membuka mata hati.. eyaa..

    Btw saya jg mikir gitu.. kalau ini bisnis emang bener, trus kan bikin cepet kaya, ntar orang seindonesia ikutan semua (soalnya di testi bahkan anak SD penghasilan jutaan ๐Ÿ˜ƒ). Trus kalo gtu ntar njualin nya kemana lg? Keluar negeri? Nah ini dia yg jd poin kalau bisnis ini bukan bisnis yg bisa berumur panjang. Krna kata kaka di tulisan ya memang ngga ada wujud barang nya scra fisik, modal testi doang.

    Great job ka ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  23. Setuju banget sama tulisan mba, saya sangat geregetan sama bisnis model begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  24. Dulu ada namanya bisnis via pos yg di jual ebook2 bisnis dan software2 tapi testimoni nya gak sekenceng dan blak2 an kayak yg sekarang penuh dengan gambar uang. Mungkin skrg jaman olshop jadi komoditi yg di perjual belikan bergeser mengikuti trend yaitu data suplier.bukan MlM bukan money game tapi pembodohan menurut saya. Kalo niat jual data ya data aja pembeli di arahin cari suplier yg berkualitas sehingga bermanfaat. Tapi ini malah ada bimbingan nya untuk ngejual lagi dapet untung dari data itu lagi hulalala ...Niat itu mah namanya.

    ReplyDelete
  25. Iya bener juga ka,,saya juga awalnya ragu kok dengan waktu yg singkat bisa dapat duit sebanyak itu. Thanks nih mba atas info nya ..ngebantu bngt dan yg tadinya saya ragu jadi sekarang ragu banget ..,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  26. Iyaa...sebenarnya sih database tu penting...tinggal kita gmn mengolahnya...saya punya banyak database dan databasenya tu jelaa dan gak akan saya jual...karena bagi saya database tu aset saya sendiri dan gak saya jual bebas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mauu dong kak databasenya ๐Ÿ˜‚ saya awalnya tergiur dgn bisnis krn saya rencana mau join biar dpet supllier data yg bagus krn skrng sedang merintis jualan online. Dan bingung mau cari suplier dimana ??

      Delete
    2. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  27. sangat bermanfaat, terima kasihh

    ReplyDelete
  28. Kak, izin share ya.. Kasihan mereka yg dibodohi, biar gak ada lagi korban baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tq mbak carolina,..hampir ja ak masuk dalam bisnis mudarat kaya gini.bisnis sesungguhnya adalah jual barang,bukan jual database,semoga byk yg sadar.

      Delete
  29. Menurut saya bisnis ini adalah bisnis mental pengemis, karena apa sama aja kaya minta2,,minta transfer untuk join, dan saya liat isi database bukan menjadi fokus bisnis ini,,

    ReplyDelete
  30. Ya Allah br aja mau join tp krn ada pikiran 'kepo' sm apa yg bakal kita lakuin pas udh join,alhasil nanya mbah gugel dan ktmu blog ini yg super bermanfaat jd tdk jd join,kamsahamnida eonni๐Ÿ˜‰๐Ÿค—

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah....makasih yaa Mbk... Pencerahan banget...

    Ada 2 kawan saya ud nyemplung di bisnis ini...postingannya serrriiinng testimoni transfer...

    Moga aja 2 kawanq segera sadar.. aamiin...

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah...
    Hampir saja gabung..NMC..kayaknya sama saja jual database..
    testimoni banyak.. anggota kepolisian,Tni..anak sekolah..yang gabung... penghasilan jutaan tiap hari..siapa yg ga tergiur.Tapi Alhamdulillah sekali lagi saya ucapkan...
    setelah melihat Blog ini..jadi merasa dapat pencerahan..
    Terimakasih,semoga anda selalu diberkahi Allah.

    ReplyDelete
  33. Udah terlanjur gabung nih gimana? Ikhlasin aja kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya untungnya masih sama sekali belum saya promoin, jadi saya juga belum sempet bikin mereka rugi juga, syukurlah alhamdulillah.. terimakasih ya, lain kali saya akan lebih berhati hati, hehe jadi malu nih:(

      Delete
  34. berbisnis itu tdak jauh" dengan kerugian . kalo mau berbisnis ya jga harus menanggung resiko lah

    ReplyDelete
  35. Sebenernya udah sering liat postingan promot gitu di sosmed, terus tdi liat lgi ada yg promosiin di ig dan akhirnya iseng bacain testimoninya. Siapa coba yg engga kepengen? Sampe sempet mikir "coba join engga ya" dan akhirnya tanya dulu di google tentang bisnis ini. Eh nemu artikel ini.. thanks a lot ya ka, untung nemu pencerahan haha

    ReplyDelete
  36. As long as your opinion doesn't harm others, you don't need to say "Saya mah apa cuma butiran debu, kena sapu lagi" or "tulisan ini akan mendapat banyak cacian dan makian". After reading your information, people have their own decisions. Don't be afraid of haters comments. They will strengthen you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai, thank you. Saya cuma netizen awam yang ingin membantu kasih opini yang logic hehe :D

      Delete
  37. Baru ajah mau jalan buat tf.. Iseng2 googling eh... Nemu penjelasannya. Gak jadi lah... Makasih y mba'e buat pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak sama2, semoga bener2 dapet pencerahan yaa. Keputusan ada di tangan mbak sendiri :)

      Delete
  38. Good opinion, logic dan jelas. Cara berpikirnya boleh, anak Indonesia sekali. Care deh, Memperhatikan anak bangsa. Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak sama2. Alhamdulillah kalau informasi ini membantu :)

      Delete
    2. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
    3. Ini si unknown nyolot bener dah spam komen copy-paste di setiap komentar orang-orang.

      Delete
  39. Terimakasih kak ini sangat membantu mencerahkan ke kepo an saya tentang "apa itu database"

    ReplyDelete
  40. Gua pernah ribut sama salah satu member dropnshop ..karena gua bilang sama dia "ini pembodohan publik" ...ternyata ada yang sepaham sama gua disini ...oke lanjut kerja nyata broo

    ReplyDelete
  41. Letak "membodohi" nya dimana ya? Saya rasa yg posting tulisan seperti ini jauh lebih b*d*h ya, kenapa? Karena kamu sudah mempengaruhi orang lain untuk menjudge sebuah bisnis, berharap kamu adalah pahlawan yg sudah menyelamatkan mereka dari bisnis yg kamu bilang membodohi ini, tapi sayangnya kamu tidak paham betul tentang bisnisnya, kamu nulis tanpa tau apa2, so be smart people jangan mudah terpancing dg orang2 yg bersifat provokator seperti kni,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak merasa saya pahlawan kok. Ini kan blog pribadi saya, jadi bebas dong saya share opini? Kalau memang gak setuju yauda gpp. Silahkan hehe :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Itu kalo berani komen, pake nama asli.
      Jangan beraninya unknown aja.
      Emang tulisannya mba lidya itu opini. Opini bisa disetujui sebagian orang, bisa juga tidak disetujui sebagian orang.
      Udah sih ngetik ini jadi kni. Belajar ngetik yang bener, baru berani bilang opini orang lain sebagai opini yang bodoh.

      Delete
  42. Tadinya pengen ikutan..
    Untung cari cari info dulu
    Mksh infonya
    Berguna bgt beneran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  43. Tadinya pengen ikutan..
    Untung cari cari info dulu
    Mksh infonya
    Berguna bgt beneran..

    ReplyDelete
  44. Waw, abis liat iklan di instagram, aku penasaran dan jujur, pengen ikutan. Untung aku ingat buat nyari info dulu di google dan...setelah baca artikel atau tulisan ini, aku bersyukur banget, ternyata oh ternyata.. Thanks buanget.. Sukses selalu dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau niat bisnis dari hati mbak bukan dari artikel. Hati" lo mbak nanti kalau kakak selalu seperti ini malah g jadi" trus dan akhirnya zonk g berbuat apa" krna g mau melawan rasa takut dan g mw mencoba...

      Delete
  45. Makasih pencerahan nya mba ,tadinya tergiur juga tapi masih sempet nyari gimana cara kerja nya terus nemu artikel ini jadi mikir lagi kalo mau ikut gituan

    ReplyDelete
  46. Aku mau nanya. Kalau bisnisnya @jutawangautami itu juga bisanis database kah??

    AKU SERIUS NANYA. AKU GAK ADA NIATAN MAU KOMPOR-KOMPOR'I atau apalah. soalnya temenku ada niatan buat gabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  48. Dan saya pun pernah terbodohi. Aku merasa jijik haha...
    Tapi serius, kehilangan 350rb cuma untuk mendapatkan database yang bulshit. Saya add pin bb para supplier, ada yang confirm ada yang tidak. Dan ketika mencoba untuk mnawarkan "database" itu ke orglain, saya baru berpikir "wah kok kayaknya ganjil yah. Toh segini banyaknya kontak database, apa iya mau diadd stu2, toh nyoba 20-30an supplier aja, lebih banyak yang tidak confirm. Wah gak bener nih." Lalu setelah berpikir spt itu, saya mencoba utk, "oh, yasudah gw jual produk2nya aja deh dari supplier2 ini."
    Dan you know what?? Pas nyoba beli utk liat produknya kayak apa (waktu itu beli baju tunik dan gamis di supplier yg berbeda) tapi yang datang jauh spt di gambar dong.. Nggak layak bgt utk dijual. Malah spt (maaf) kain lap/keset kaki. Barang baru tp bahannya kumel, pokoknya nggak banget deh. Jadi, saya urungkan niat dong utk jual produk2 dari supplier2 yg ada di database itu. Saya bisa kena caci maki costumer. *tepokjidat*
    Sumpah asli nyesel banget. Apalagi pas si orang yang ngebimbing saya (entah disebutnya apa) pasang DP BBM dgn status baru beli mobil dong dari hasil bisnis itu. Sumpah, langsung tak sumpahi mobilnya nggak berkah. Wkwkwk jahat bgt yaa, maafkan saya. Tapi yasudahlah. Semoga nggak banyak makan korban lagi. Sebenernya ngeliat iklan2 gitu berseliweran di explore IG, pengen banget komenin semua postingan2 serupa. Tapu yg lebih kesel lagi misal selebgram, akun official yg punya byk follower juga ikut ngiklanin. Duh, mereka nggak berpikir apa yaa.. Demi uang (tarif bayaran) mereka mau terseret bisni nggak bener gituan. Sedih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Note: saya join database itu ketika pertengahan 2016. Masih lumayan banyak penggunaan aplksi bbm. Sampe saya jg bela2in beli smartphone blackb*rry dong. Haduuh. Kalau ingat itu, nyesel buanget.
      *maaf, saya share begini agar kalian mungkin yg sedang mencari tau ttg database dan ada keinginan utk join jg, bisa berpikir ulang lg. Maaf dan Terimakasih. :)

      Delete
    2. Terimakasih atas share pengalamannya mbaakk...baca artikel ini sempat masih kepikiran "ah, klopun beli datanya mau tak pakai sendiri buat jualan olshop...lumayan kn klo dapet dri tangan pertama..harganya pasti murah"
      Tpi setelah baca pengalaman mbk, jadi makin g minat buat gabung...terimakasih banyaak ๐Ÿ˜€

      Delete
    3. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
    4. Komentar orang yang menggapi si blogger. Dan ini org yg selalu bepikiran positif tanpa menjatuhkan org lain masyaallah๐Ÿค—๐Ÿค— #noiridengkidosa

      Delete
  49. Ini bisnis rekrut-merekrut ya sebenernya?? Semakin sering post testimoni trf uang di ig sehingga semakin banyak yang tergiur dan mereka yang tergiur melakukan perekrutan lg .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya namanya bisnis pasti berhubungan dengan orang lah kak, kalau g merekrut orang trus siapa donk yg disuruh beli. Selain orang ada g yg bisa beli sesuatu..mmmmm

      Delete
  50. permisi agan agan
    yang saya mau tanyakan disini terkait bisnis di ataas, oke benar yang mereka jual kan File databse… namun katnya dalamfile tsb ada isi kontak dan supplier yang bias kita manfaatkan untuk jualan olshop.
    apa itu benar ?

    karena yang saya incar disini bukan jualan File database nya namun mau ke reseller dari kontak supplier tsb,,,
    gimana manurut agan"?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga berminat karena nyari supplier untuk jualan online. sama sekali gak kepikiran untuk jual lagi database nya. ikut nyimak masalah kontak2 yg dijualnya itu valid atw engak??

      Delete
    2. Valid sih mba , soalnya kontak2 yang sekarang diambil dri online shop ternama seperti shoppe bukalapak dan tokopedia, saya baru aja join baru ktemu artikel begini,๐Ÿ˜‚ sempat jadi nyesel sih tapi gpp lah lumayan kontak nya bisa dipake buat buka olshop

      Delete
    3. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
    4. Selamat malam, saya salah satu member DNS maaf menurut saya bisnis ini halal ko dan tidak membodohi, semua tergantung dari pemikiran masing-masing yah ka๐Ÿ™‚, saya join karna saya butuh data supplier dan bener ko semua valid, dan saya juga jual lagi filenya ya target market saya yah agan sista ini yg juga bingung nyari supplier dan ga mau repot cari cari, makanya saya jual lagi filenya ๐Ÿ™‚, buat kalian yg memang tidak berkenan dengan bisnis kami tidak apa apa, tapi mohon maaf jangan membuat opini seolah bisnis kami bisnis pembodohan, untuk kaloan yg mau join silahkan kami dengan senang hati menyambut kalian di DNS, dan ga cuma DNS ko banyak bisnis lain yang semacam DNS di indonesia karna memang sekarang era digital ka๐Ÿ™‚, aku ga berpihak kepada siapapun yah ka, cuma menurutku aja๐Ÿ™ Intinya sih memang bener gimana cara berpikir dan menilai masing masing orang aja, ka bisnis ini lagi berada di puncaknya makanya jadi sorotan, km berdoa ikhtiar dan usaha ko, ya tapi memang bener bisa dilakukan dimana saja kapan saja (flexible). Yang mau join mangga kalo ga mau juga kami tidak memaksa❤️❤️

      Delete
  51. I really agree with your article, damn bosen bgt gw liat orang pamer duit dari sumber yang ga jelas, ternyata ini kebenarannya dari bisnis database, ga jadilah mau gabung.
    Mending duit buat modal investasi bitcoin atau altcoin, atau join bounty di BtcTalk, lebih benefit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bitcoin dan semacamnya lebih parah mas. Itu judi - pencucian uang - mengundi nasib. If you are a muslim, mas tau lah hukumnya. Saya mah cuma kasih tau mas aja biar selamat dunia akhirat. Saya juga sempet tergiur sama bitcoin, binary option dan sejenisnya, tp saya berasa ganjal dihati, akirnya saya cari artikel di google "hukum bitcoin" "apakah bitcoin haram" dsb. Alhamdulillah Allah kasi petunjuk. Intinya kita utk dpt in uang banyak, ya harus kerja keras, dan banting tulang dgn cara halal, real, dan berwujud. Jangan lupa banyak2 berdoa, bertaqwa, bersyukur, tawakal, pasti Allah kabulkan keinginan kita.

      Delete
    3. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  52. Lagi mau gabung... Alhamdulillah dapet artikel ini, terbukalah pikiran saya jadinya.... Gak jadi gabung deh... Tadinya udah tergiur banget. Apalagi saya IRT yang di rumah aja, liat postingan dengan penghasilan gede dan kerja Ng cuma main hp mah jadi gimana gitu. ๐Ÿ˜‚
    Thanks buat penulisnya yeeaayy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  53. Strongly agree. So, think smart guys.

    ReplyDelete
  54. saya sebenernya mulai minat sama dropnshop makanya saya googling masalah kek gini dan mendarat disini. tujuan saya mau beli sih pure buat jualan online sama sekali gak kepikiran buat jual database nya lagi. tapi sekarang saya jadi diambang keraguan,,, ragunya itu data yg dijual itu bener2 valid gak sihhh,,, tolong bisa dishare dong yang pernah gabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru aja gabung mba , saya juga sekarang minat mau buka olshop aja stelah ktemu artikel ini๐Ÿ˜‚ data nya saya rasa valid sih karna saya buka isinya emang kontak suplier dri toko ternama seperti shoppe tokopedia dab bukalapak, jadi kalo kontak suplier menurutt saya aman

      Delete
    2. Ka, aku saranin kalo mau buka olshop atau dropship. Lebih baik cari ajah di shoppe atau tokopedia. Banyak kok ka. Daripada harus beli dgn harga yg mahal. Aku juga dropship dari penjual shoppe ka. Harga juga bersaing,jadi bisa dijual lagi. Ini pengalaman ku ya ka

      Delete
    3. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  55. Mungkin yg dimaksud penulis yaitu bisnis PIN KONVEKSI. Kalau bener itu yg dimaksud, saya rase beda ya dengan bisnis database.

    Jd gini, ini sesuai yg saya oahami ya, krn sy sendiri pelaku bisnis online, kategori fashion, sejak 2013.

    Produk bisnis itu ada 2, Barang & Jasa. Apapaun yg sifatnya membawa manfaat buat org lain, kemudian diberi harga, maka itulah bisnis. Coba cek bisnis kursus, produknya apa, pengetahuan. Dan itu tdk bs diinderai, karena pengetahuan itu bukan fisik. Sama aja dgn database, ada nama perusahaan, alamat, tlp & fax, email, dll

    Contoh Facebook. Sumber pemasukan mereka adalah iklan. Mereka jualan FB Ads, kalau gk ada ini, FB gk bakal hidup. Org mau beriklan di FB krn FB adalah situs dgn oengguna terbanyak dibawah google. Jd org beriklan krn ada data pengguna disitu.

    Sekarang sy tanya, facebook bisnisnya apa kalau bukan database? Hayo?!

    Mungkin yg dikritik penulis bukan produknya. Tp model bisnisnya. Kalau itu sy setuju, model bisnis bgini gk bakal panjang. Cuma... it's business my friend. Kalau gk berduit buian bisnis namanya, tapi yayasan.


    CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

      Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

      Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

      Delete
  56. Nice Post.....

    Yg Gabung ya tolol...
    Jualan Testi agar org tergiur...
    Database nya aja paling gk update..

    ReplyDelete
  57. sering banget liat bisnis databased gini. cuma, kalo saya sebagai penjual online, andai kaaattaaa bener2 punya list supplier, honestly saying, ga bakal jual berapapun. karena ini aset saya sendiri.
    kecuali, saya mau org2 ikutan sukses,mau org2 yg nganggur bisa ikut pny uang, baru sharing, dan krn tujuannya nolong, pasti ga dijual.

    ReplyDelete
  58. Mb yg nulis ini kan bukan member dan itu juga kata nya ga merasakan kan ya, Kalo Menurut saya bisnis ini sah sah aja. Karna sy udah rasain sendiri. Sy tidak merasa di bodohi karna dgn sy bergabung sy bisa jualan brg2 dr supplier data yg ada di database ini. Data supplier nya ada dan nyata. Sy sih memang tidak mengutamakan jual database nya tp jualan online nya yg ada brg nya. tp yg pasti jualan database juga tidak semudah yg kalian pikir ada usaha nya ada keringet nya, ada modal nya ada trik nya sama hal nya dengan fisik hanya saja yg nama nya bisnis digital atau bisnis lewat internet alias bisnis online ada kelebihan nya di banding offline atau fisik. Lebih nya lebih hemat waktu, lebih hemat tenaga, lebih sedikit modal nya, bisa di kerjakan sambil ngerjain yg lain nya, coba kl kerja di pabrik atau jualan di pasar ga bisa sambil nyuci sambil ngurus anak, sambil beberes iya kan. Hanya saja jualan online atau jual database keringet nya ga kliatan ga ngucur ky kerja fisik tapi inti nya sama sama ada usaha nya. Untuk masalah halal dan haram hanya kita dan allah yg tau. Kerja fisik atau kerja online kl niat nya mau curang atau ga bener ya sama sama dosa sama sama haram hasil nya tp kalo niat nya bener dari hati pake hati insaallah barokah ๐Ÿ˜Š✌✌✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ka, gimana diri masing masing niat dan berpikirnya aja

      Delete
  59. Mb yg nulis ini kan bukan member dan itu juga kata nya ga merasakan kan ya, Kalo Menurut saya bisnis ini sah sah aja. Karna sy udah rasain sendiri. Sy tidak merasa di bodohi karna dgn sy bergabung sy bisa jualan brg2 dr supplier data yg ada di database ini. Data supplier nya ada dan nyata. Sy sih memang tidak mengutamakan jual database nya tp jualan online nya yg ada brg nya. tp yg pasti jualan database juga tidak semudah yg kalian pikir ada usaha nya ada keringet nya, ada modal nya ada trik nya sama hal nya dengan fisik hanya saja yg nama nya bisnis digital atau bisnis lewat internet alias bisnis online ada kelebihan nya di banding offline atau fisik. Lebih nya lebih hemat waktu, lebih hemat tenaga, lebih sedikit modal nya, bisa di kerjakan sambil ngerjain yg lain nya, coba kl kerja di pabrik atau jualan di pasar ga bisa sambil nyuci sambil ngurus anak, sambil beberes iya kan. Hanya saja jualan online atau jual database keringet nya ga kliatan ga ngucur ky kerja fisik tapi inti nya sama sama ada usaha nya. Untuk masalah halal dan haram hanya kita dan allah yg tau. Kerja fisik atau kerja online kl niat nya mau curang atau ga bener ya sama sama dosa sama sama haram hasil nya tp kalo niat nya bener dari hati pake hati insaallah barokah ๐Ÿ˜Š✌✌✌

    ReplyDelete
  60. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

    Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

    Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan aja. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  61. Halo mba.sy pebisnis online shop jualan baju dan sy tdk bermaksud membela atau menjatuhkan slh satu pihak. hanya sj disini sy mau nanggapin pemahaman tentang dropnshop pernah ditawarin soalnya. Dan wajarkan org beda pemahaman.

    Jd sy luruskan lg ya logikanya gini di dropnshop ini org tuh dibimbing jadi dia seperti mentor gitu yang membimbing org untuk berkembang usahanya ga ada tuh paksaan kt harus rekrut org, ya ibaratnya mereka jual jasa sebagai mentor ini sama dengan jasa sebagai seorang guru dan itu apa harus ada fisiknya??? Seorang guru menjelaskan apa yg dia tahu dan bagaimana muridnya bisa bekembang dalam dunia bisnis online. Hanya saja bedanya kalo guru ketemu langsung tp kalo dunia online di mentor secara online. Member itu dibimbing mau buka online shop atau offline shop tp apa slh jika mereka jg mau sharing ilmu untuk agar bnyak yg tau disini dijuallah data supplier. Sy perhatikan testimoni2 mereka Banyak kok memang yg online shopnya sukses dan menghasilkan meskipun ga jual file, ada trik marketing jualan online di dalamnya Yg sy tau disini simboisis mutualisme jd sling menguntungkan bagi mereka sdangkan MLM itu tdk menguntungkan slh satu pihak.sama seperti guru yg membagikan sebuah buku agar muridnya bsa tau banyak.

    Nah ibaratnya seperti itu aja jd sy pikir ini halal tentu kembali lg pada diri masing2 apa niatnya untuk ajarin ilmu bisnisnya agar org bs bekembang atau semata mengejar keuntungan aja. Krn ada juga kan seorang guru yg nerima gaji padahl ga memenuhi tugasnya mengajar apakah itu jg berkaaaah. Jadi coba dipikir lg secara logika jgn iri dan dengki bukan kah sebaik baiknya manusia adalah bermanfaat bagi org lain. Disini jgn saling menjatuhkan ikut dlu jadi member nya baru km bandingkan dan km bsa sharing pendapat. Tp klo km ga tau tentang bisnis ini jgn fitnah atau suudzon dlu. Rezeki ga akan kemana kok

    Setelah baca blog ini dan komentar positif org2 dropnshop yng slalu berprasangka baik tanpa niat menjatuhkan dn tdk menyebar fitnah maka sy jd niat banget dan ykin join di dropnshop terima kasih ya mba lidya charoline mmbuat sy smakin yakin untuk gabung nih
    Mungkin itu aja sekian dari sy assalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  62. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ hampir ajaaa... Uda mikir mau coba... Makasih mba... Good job๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  63. Halo,
    Ini adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Jane Alison, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  64. Pas banget aku nemu tulisan kakak.. aku lg kebetulan nanya" sm 2 akun yg jual-beli database gini.. jd sistem mereka ada 2 ya? 1. Buka olshop dgn pk supplier dr database dan 2.Beli database ke satu org trus databasenya dijual lagi ke org lain, dia dpt uang dr transferan org lain itu..

    Hmm aku hampiiiiir aja transfer kak.. cm aku sadar diri aku gabisa jualan jd kemungkinan buka olshop atau jualin database lg agak susah..

    Makasih ya kak pencerahannya hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berati itu faktor dari kakak sndri bukan dari bisnisnya, mungkin dengan belajar semua bisa dilakukan.

      Delete
  65. semua kembali ke diri kita masing masing, mau halal haram, mau dosa tidak, mau nyata tidak, mau baik ataupun tidak itu uran kita dengan Yang Maha Kuasa. Perlu diingat kita sekarang sudah masa digital bukan jaman siti nurbaya lagi.

    ReplyDelete
  66. saya jadi mikir tentang jual- beli data?,e-book dan testimoninya saya rasa lumrah diperjual belikan karena itu hasil pemikiran dan mungkin sedikit informasi yang akan didapat. untuk data( identitas) suplier ini kok, saya agak ngeganjel? pihak suplier tentu bersyukur karena dia mendapatkan keuntungan relasi,tentu juga kepada olshop yang ingin mencari barang murah atau harga miring. keuntungan lebih juga didapat dengan menjual data tersebut berulang- ulang, itu sih hak yang punya data. namun, ada tanggung jawab bimbingan dllnya untuk mamastikan yang membeli bisa menggunakan dan memanfaatkan data tersebut.

    misalkan bisnis dropnshop ini diterapkan untuk menjual data- data lain gimana? maksud saya idenya. anda membeli murah, apakah anda akan menjual dengan harga murah pula dengan mengikuti pasaran? atau dimanfaatkan untuk menumpuk barang atau juga banting harga?. cuci gudang, promosi dll?

    ide ini kok sejenis mata untuk membaca pasar jual- beli yak, karena sifatnya yang sementara tadi,hanya digunakan untuk membaca ketika sudah terbaca maka akan tercipta ide lainnya? jelas dropshop ini mnguntungkan bagi pelakunya. ketika sudah tidak relevan bisnis ini akan bubar dengan sendirinya. tentu dari bubarnya bisnis ini tidak menutup kemungkinan terjadi pola yang sama dengan data- data yang menggiurkan yang tirapkan untuk orang-orang yang sudah tidak sempat mengumpulkan data- data. atau tidak punya waktu untuk itu.
    akses untuk data suplire tersebut saya rasa sangat sulit didapat, googling saja tidak cukup,dan sekarang dengan mudahnya terjual dengan harga murah, pula. sedikit bumbu sistem untuk menggunakannya.

    ini kebingungan saya saja tentang DATA dan bisnis.

    ReplyDelete
  67. Terima kasih sharingnya. Saya termasuk yang tertarik dengan gimmick database suppliernya :D

    oya kalo berkenan silakan mampir di blog kami https://kopyorsuroboyo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  68. ุงู„ุญุฑูƒุฉ ุจุฑูƒุฉ

    ReplyDelete
  69. Artikelnya bermanfaat sekali. Ga semua org bs punya pemikiran seperti ini loh. Padahal kalau mau cr supplier murah jaman skrg mudah banget, tggl google aja, atau keliling. Perbandingkan bbrp harga. Sampai 400rb pulak ��
    Org milenial jaman skrg lbh hebat, udh tau lwt online apa jg bs dicari.
    Anyway yg lagi cari bisnis real no tipu2 bisa chat aku di fb yaaa “Amelia Agnieska”

    ReplyDelete
  70. Well, saya rasa sah-sah aja ya, ini udah tahun 2018 dan ke depannya pengguna smartphone akan makin tambah buaaaanyak, akan semakin banyak juga produk digital lain yang dijual (ebook, mp3, website, aplikasi android, video tutorial dll) semuanya sejenis sama produk database.

    Produk database juga asal data supplier yg dijual valid, data enail customer bener2 aktif itu kai bagi yang jiwanya penguasaha, itu adalah aset digital yg sangat berharga untuk diolah ke proses pemasarab produknya.

    So, apanya yg salah ya, prinsip jual beli kan selama ada permintaan dan persediaan sah2 aja, yg penting produk tersebut membawa asas manfaat dan bisa dipertanggungjawabkan.
    Apakah kerja di jaman sekarang cuman harus jual produk fisik? orang jual beli produk digital terus dianggap bodoh, malas, ga kerja?

    ReplyDelete
  71. Open your mind please, jaman sekarang nilai barang tidak hanya yg produk fisik. Banyak sekali jaman sekarang ini produk digital adalah hasil karya intelektual manusia. Ada software, ebook, database, Sistem operasi, Video, Website dll. Dikira gampang apa buat kaya gitu, butuh belajar bertahun2 orang belajar ngoding. Sayang sekali masih buaanyak orang indo yang mikirnya seperti mbak, mentang2 ga ada bentuk barang, hanya berupa file terus mintanya gratis! Aduh makkk!

    ReplyDelete
  72. Kalau emang bisnis dropnshop adalah pembodohan bisa kasih bukti ke saya dan kasih tau saya bisnis sprt apa yg sangat bagus kita jalankan. Krna saya ingin terjun ke bisnis" sprt itu. Karena saya pikir jika itu menguntungkan why not??? Daripada nganggur dan g hasilin apa" mungkin setidaknya itu dpt membantu perekonomian keluarga. Rejeki sudah ada yg ngatur tinggal kita bagaimana usaha untuk mendapatkanya tanpa merugikan orang lain. Dan menurut saya yg namanya bisnis tidak ada pembodohan, semua bisnis itu menguntungkan jika kita bisa menjalankan sesuai dengan arahan,manut dan percaya. Dan jika belum pernah berbisnis sama sekali maka pelajari bisnis dengan benar, maka kita akan sama" tau sprt apa bisnis trsbt. Dan kita bisa sama" menganalisa dg benar pula. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas kalaw niat ikut di bisnis paytren aja

      Delete
  73. Bisnis yang baik itu lebih mengedepankan pencapaian hasil nyata jualan diri loe sendiri dari bentuk dagangan yang nyata juga, BUKAN malah mengedepankan TESTIMONI orang yang udah punya penghasilan wah (kalo bener wah), pointnya disitu cong.

    Loe jualan produk loe sendiri atau jualan testimoni orang ? Soale loe bilang cukup duduk manis pake smartphone (something like that) "That's the point"

    Sekarang loe sok jadi mentor, jual database, lah bisnis aja loe belom punya, cuma jualan database yang juga belom tentu udah loe verifikasi & konfirmasi validitasnya.

    Kalo pun ada olshop yang ikutan beli database, yang niat awal mungkin mau mencari chanel supplier/kerjasama, ehh berujung database tidak bermanfaat, trus biar balik modal dia jual tuh database, itu masuk kategori apa dong ? *zonk*

    ReplyDelete
  74. https://konsultasisyariah.com/161-hukum-jual-beli-dengan-makelar.html

    Klo kita sebagai makelar, harus ada persetujuan dari pemilik data tsb(perusahaan).
    Tanpa persetujuan dari perusahaan(pemilik data tsb) maka Hukum nya haram klo kita tetap menjualnya

    Wallaahu a'lam

    ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ّٰู‡ ููŠูƒ
    (semoga Allah memberkahimu)

    ReplyDelete
  75. Assalamu'alaikum..

    Maaf, ikut sharing jg yaa..

    Sebelumnya, perkenalkan nama saya Nur, mantan seorang karyawan perusahaan retail ternama, yg sekarang menjadi seorang Ibu Rumah Tangga biasa, merasa terbantu sekali dengan ikut bisnis ini.

    1. Kesibukan saya sebagai IRT dgn ruang gerak yg terbatas, ditambah usia yg tidak produktif lg untuk bekerja, ditambah lg dgn keterbatasan pendengaran yg saya miliki, membuat saya memilih bisnis sebagai jalan untuk membantu suami mencari tambahan penghasilan.

    2. Perihal testi yg d post, itu hanyalah Ga Lebih sebagai motivasi saja, Klw Mereka Bisa, Kita Juga Pasti Bisa.

    3. Setiap member yg kita rekrut, WAJIB kita bimbing sampai Bisa, sampai Pinter, sampai Punya Penghasilan, sampai Sukses.

    Lantas, PEMBODOHANNYA DIMANA??

    Banyak sekali mereka yg terhimpit finansialnya akhirnya bisa terbantu dengan bisnis ini termasuk saya. Mereka hanya melihat Ada Peluang, mereka Ambil, dan menjemput Rejeki mereka dengan peluang itu.

    Kita disini ga muluk2 kok, ga butuh jabatan tinggi, ga butuh jd bos agar bisa dihormati, kita hanya berusaha menjemput rejeki yg alhamdulillah Allah kasih jalan yg mudah, berusaha mempersiapkan agar anak2 & keluarga kita mendapatkan masa depan yg layak..

    Mungkin betul dgn kata2 'Setiap Harinya Adalah Belajar', tapi cobalah belajar dgn 'Hati', karena disitulah kelak Mba akan Mengerti..

    Selalu ada cerita di balik cerita..

    Memang mau nulis apapun Free, tapi saya yakin Mba jg tahu makna Toleransi & Saling Menghargai..

    Masih banyak hal2 lain yg bs Mba share disini, yg jauh Lebih Bermanfaat drpd ini..

    Be Wise.

    Salam,

    ReplyDelete
  76. Assalamu'alaikum..

    Maaf, ikut sharing jg yaa..

    Sebelumnya, perkenalkan nama saya Nur, mantan seorang karyawan perusahaan retail ternama, yg sekarang menjadi seorang Ibu Rumah Tangga biasa, merasa terbantu sekali dengan ikut bisnis ini.

    1. Kesibukan saya sebagai IRT dgn ruang gerak yg terbatas, ditambah usia yg tidak produktif lg untuk bekerja, ditambah lg dgn keterbatasan pendengaran yg saya miliki, membuat saya memilih bisnis sebagai jalan untuk membantu suami mencari tambahan penghasilan.

    2. Perihal testi yg d post, itu hanyalah Ga Lebih sebagai motivasi saja, Klw Mereka Bisa, Kita Juga Pasti Bisa.

    3. Setiap member yg kita rekrut, WAJIB kita bimbing sampai Bisa, sampai Pinter, sampai Punya Penghasilan, sampai Sukses.

    Lantas, PEMBODOHANNYA DIMANA??

    Banyak sekali mereka yg terhimpit finansialnya akhirnya bisa terbantu dengan bisnis ini termasuk saya. Mereka hanya melihat Ada Peluang, mereka Ambil, dan menjemput Rejeki mereka dengan peluang itu.

    Kita disini ga muluk2 kok, ga butuh jabatan tinggi, ga butuh jd bos agar bisa dihormati, kita hanya berusaha menjemput rejeki yg alhamdulillah Allah kasih jalan yg mudah, berusaha mempersiapkan agar anak2 & keluarga kita mendapatkan masa depan yg layak..

    Mungkin betul dgn kata2 'Setiap Harinya Adalah Belajar', tapi cobalah belajar dgn 'Hati', karena disitulah kelak Mba akan Mengerti..

    Selalu ada cerita di balik cerita..

    Memang mau nulis apapun Free, tapi saya yakin Mba jg tahu makna Toleransi & Saling Menghargai..

    Masih banyak hal2 lain yg bs Mba share disini, yg jauh Lebih Bermanfaat drpd ini..

    Be Wise.

    Salam,

    ReplyDelete
  77. Coba deh kalu blm tau cara kerjanya jangan asal bicara, so so an tapi gk tau dalamnya seperti apa itu sama aj, mejelek2 an bisnis org lain jangn gt donk mba.

    ReplyDelete
  78. Kalau misalkan di satu kota udah jadi member semua, nanti gimana?
    jualan produknya ke siapa?

    ReplyDelete
  79. TULISAN INI JUGA PEMBODOHAN...KARENA YG MENULIS BELUM MENGALAMI...MASIH MERABA RABA DG PEMIKIRANNYA...BERPUTAR HANYA PADA KONSEP... TAPI TULISAN INI JADI MENCERDASKAN DAN MENCERAHKAN KETIKA PENULIS SUDAH JOIN DAN MENGALAMI SENDIRI MENJADI BODOH...

    ReplyDelete
  80. TULISAN INI JUGA PEMBODOHAN...KARENA YG MENULIS BELUM MENGALAMI...MASIH MERABA RABA DG PEMIKIRANNYA...BERPUTAR HANYA PADA KONSEP... TAPI TULISAN INI JADI MENCERDASKAN DAN MENCERAHKAN KETIKA PENULIS SUDAH JOIN DAN MENGALAMI SENDIRI MENJADI BODOH...

    ReplyDelete
  81. Dan saya sudah terlanjut ikut bisnis ini... Dan benar bingung banget sama bisnis ini, gak ada dijelasin gimana2nya, apa yg ada di bisnis ini.. Setelah join dimasukin ke grub line sama disuruh instal app, dan nyari tau sendiri gimana bisnis ini berjalan cuma dari app itu... Setelah instal app nya sama baru paham, ternyata cara kerjanya harus nyari orang lain buat di jual lagi databasenya...
    Satu ke untungannya adalah dalam app itu ada data2 supplier yang menerima dropship dan reseller, dan harganya dari suppliernya ada yg mahal dan ada yang murah..
    Jadi dari bisnis ini, yg bisa saya manfaatin adalah data2 supplier tersebut untuk modal saya buat usaha online shop.

    ReplyDelete
  82. Kalau Qnet itu bagaimana?

    ReplyDelete
  83. Beri penjelasan tentang Melakukan Bisnis Qnet donG

    ReplyDelete
  84. Terima kasih atas pencerahannya,sangat bermanfaat,semoga banyak yg baca ini sebelum mereka tertipu dengan iming-iming hasil yang luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati2 nanti anda mendapatkan rahasia sukses bisnis online kalau join. Hahahaha

      Delete
  85. Well.. Awalx sy tergiur sm bisnis ginian sist.. Tp yaa utgx g lgsg sy ambil mentah2.. Cz berkaca sm masa lalu sy.. Pngalaman d mlm. .yg menipu lewat mulut.. Jd sy cr tw dlu.. Eh ketemu artikelx mbk.. Stlah sy baca ada bnerx jg.. Jd mikir2 lg bwt ikt ginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati bu ini bisnis bagus bgt, kalo mau join sama saya saja.
      Karena akan dibongkar semua rahasia suksesnya.

      Delete
  86. Sebelum join saya baca artikel ini, saya semakin penasaran dan ingin tau. Setelah join saya baru tau ini bukan bisnis tipu2 atau pembodohan. Karena memang ada file data supplier, namanya juga jual database, malahan ada ebook class Strategy marketing online dll. Seperti jual buku saja jadinya, atau bahkan lebih dari itu. Seperti class bimbingan atau semacam class edukasi. Jadi yang kurang faham atau ketemu oknum yang mengatasnamakan bisnis ini jangan langsung menilai bisnisnya ya.
    Ga ada ruginya kok, paling ga wawasan bertambah. Bukan berfikir negatif. Jadi buat yang pengen join saya rekomendasikan untuk anda. Ini era digital dan Internet lho. Gunakan untuk yang positif, bisnis ini contohnya.
    Yuk join sama saya

    ReplyDelete
  87. Bukan sekedar bisnis database, Dropnshop adalah sebuah bisnis edukasi.

    ReplyDelete
  88. Kesalahan yang gabung di dropnshop adalah malas membaca, padahal di dalamnya terdapat banyak trik dan Strategy

    ReplyDelete
  89. Bagi saya artikel ini yang membodohi pembaca, yuk join dapatkan ilmu marketingnya dan raih suksesmu

    ReplyDelete
  90. Hahahaha baca artikel ini bikin saya ketawa. Yang bikin artikel mainnya kurang jauh.
    Apa ada saingan bisnis ya....
    Yang fair dong hehehe.
    Menggiring opini publik....
    Kurang luas hati.

    Mainya yang jauh ya kak. Ini jaman apa. Hahahaha

    ReplyDelete