Cara mudah cek kecepatan dan mobile friendly blog atau website kamu

by - September 21, 2017



Halo, apa kabar? Masih sehat-sehat aja kan? Kali ini aku mau berbagi cara untuk tes kecepatan dan apakah website atau bloh kamu cukup mobile friendly atau tidak. Intinya sih, bloh atau website kamu mudah diakses atau tidak. Caranya gimana? Gampang kok. Ada tiga cara gratis, mudah, dan cepat yang semuanya difasilitasi Google.

1. Pakai Test My Site
Test My Site bisa membantu kamu untuk mengukur kecepatan website atau blog kamu yang diakses melalui ponsel. Buku dulu website dengan akses testmysite.thinkwithgoogle.com lalu kamu cukup masukkan link url website atau blog kamu dan klik enter. Test My Site akan menganalisa performa website atau blog kamu dan memberikan hasilnya. Semakin kecil angkat detik/second, artinya semakin baik performa blog/website kamu. Hasilnya menunjukkan nilai excellent, good, fair, sampai poor. Kalau kamu ada di nilai fair atau poor, kamu bisa cek kesalahan apa aja yang perlu diperbaiki. Karena Test My Site juga memberikan saran apa saja yang perlu dikoreksi supaya kecepatan website atau blog kamu tampil optimal.




2. Cek performa mobile friendly
Apakah tampilan website atau blog kamu sudah sesuai untuk ukuran mobile? Biasanya kalau sudah merasa bagus akan tampilan website di komputer, belum tentu bagus dan sesuai di mobile. Nah berhubung 7 dari 10 pengguna internet di Indonesia itu akses lewat mobile, alangkah lebih baik hal ini juga kamu perhatikan. Selain lewat Test My Site, untuk mengetes performa mobile friendly dari website atau blog, kamu bisa mengakses search.google.com/test/mobile-friendly. Sama dengan Test My Site, kamu tinggal masukkan url link website atau blog kamu dan tunggu hasilnya. 




3. Tes kecepatan website atau blog lewat PageSpeed Insight
Last but not least, kalian harus cek website atau blog kalian di PageSpeed Insight. Apa bedanya denga Test My Site, kalo yang ini lebih detail. Karena memang lewat PageSpeed Insight lebih ditujukan kepada para developer sih. Gak ada salahnya kalian cek untuk lebih detail. Akses aja lewat sini developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?hl=id dan masukkan url link website atau blog kamu, voila!



Kalau dilihat dari contoh dengan mengakses blog pribadi, ternyata hasil dari Test My Site dengan PageSpeed Insight berbeda. Di Test My Site hasilnya udha good, ternyata lewat PageSpeed Insight hasilnya poor. Nah ini tanda tanya besar, kecepatan akses udah oke lewat mobile, tapi ternyata secara detail ada beberapa yang perlu diperbaiki.
Hasil dari PageSpeed Insight lebih detail sarannya, PageSpeed Insights itu mengukur bagaimana laman dapat meningkatkan kinerjanya dalam hal:
  • waktu pemuatan paro atas: Waktu yang berlalu sejak pengguna meminta laman baru hingga saat konten paro atas dirender oleh browser.
  • waktu pemuatan laman penuh: Waktu yang berlalu sejak pengguna meminta laman baru sampai browser merender laman secara penuh.

Itu aja sih yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat yaa teman-teman. Oh ya, buat kamu yang mau belajar lebih lanjut tentang gimana tips website supaya lebih efektif, ada kelas pelatihan gratis nih dari Google untuk kamu. Info lengkapnya bisa baca artikel saya sebelumnya ya. Selamat belajar teman-teman!

You May Also Like

1 comments

  1. nice information..
    and like read a your blog
    http://essenaquatic.xyz

    ReplyDelete