cara kembalikan akun instagram yang kena hack

by - June 09, 2017


Hai, aku mau share pengalaman menyelamatkan akun Instagramku yang pernah kena hack. Sebelumnya aku mau cerita dikit kenapa bisa di hack, "sepertinya" kena phishing. Phising yang aku pahami adalah teknik ngehack dengan menduplikasi konten log-in, jadinya kita tanpa sadar masukin akun dan password. Akun itu nanti dicuri oleh hacker dan digunakan semau mereka. Dalam kasusku, aku pernah embed gadget Instagram di blog ini. Nah, disitu ada notifikasi untuk update subscription yang mana aku harus masukin username dan password Instagram. Karena buka notifnya dari browser chrome hape, jadinya aku gak terlalu notice sama "https" atau link yang terkait. Jadi ya...bye. Tapi proses hackingnya gak impulsif tiba-tiba kena hack, karena setelah kejadian itu aku masih bisa pakai Instagram. Sampai akhirnya...temen ngechat malem-malem kirim hasil screenshoot kalau profil Instagramku udah diganti and it was taken already :(

Udah nyoba berbagai cara termasuk log in pakai Facebook, nomor hape, dan sialnya, email Instagram adalah email Yahoo lama, jadinya gak sinkron dengan hape--yang bikin late update. Setelah coba masuk ke akun email Yahoo, ternyata bener di jam dan tanggal sekian akunku berganti ke emailnya bespalovapolina3784@list.ru

Tenang, gak usah khawatir. Berikut hasil rekaman cara kembalikan akun Instagram yang kena hack berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Masuk ke Instagram Help Center
Cari Instagram Help Center atau akses aja di help.instagram.com. Lalu ini urutannya: Privasi & Kemanan > Melaporkan Sesuatu > Akun Yang Diretas > Sepertinya akun Instagram saya diretas.
Nah, disitu kamu baca deh bener-bener instruksinya. Disitu ada opsi untuk Android dan iOS.




2. Di layar masuk, ketuk "Dapatkan bantuan untuk masuk"
Disitu nanti akan ada pilihan masuk lewat facebook, nomor hape, dan email. Selanjutnya kamu masukkan nama pengguna atau email lalu klik "-->" lanjutkan di kanan atas. Lalu klik "Tidak punya akses ke salah satu dari pilihan ini?"
Nah, selanjutnya ikuti aja instruksinya sampai kamu harus submit form yang berisi email dan username kamu yang kena hack.




3. Tunggu email balasan dari Tim Instagram
Rajin-rajin cek email ya. Aku submit formnya tanggal 22 Maret baru dapat balasan 27 Maret. Bisa estimasi sendiri 'kan berapa lama? Tenang, pasti di balas kok. Kalau lebih dari seminggu gimana? Ulang lagi proses no 1 dan 2.

4. Ini hasil balasan dari Tim Instagram
Tim Instagram menerima laporan akun Instagram yang kena hack dan mereka minta pengguna asli untuk foto sambil menampilkan kode yang tertera di email. Tujuannya untuk memastikan bahwa akun yang diajukan benar-benar milik si pengguna yang sesungguhnya. Sembilan hari setelahnya, baru dapat balasan lagi sebuah direct link yang menampilkan pergantian password dan email terbaru. Dan...voila, akun Instagram sudah bisa digunakan kembali. Tinggal ganti sisa-sisa peninggalan hacker tak bertanggung jawab dengan mengganti foto profil dan tulisan di bio.




See? Menyelamatkan akun media sosial yang kena hack itu gak sulit kok. Asalkan kamu bisa gantikan rasa panikmu dengan pikiran tenang sambil baca help centernya. Budayakan membaca ya gengs. Dan...media sosial yang kena hack bukan akhir dari segalanya. So, hati-hati dan bijak menggunakan media sosial dan segalanya yang berhubungan dengan internet. Put your attention more to cyber criminal and secure your account :) Semoga artikel ini membantu ya.

You May Also Like

4 comments

  1. wah, panjang n lama juga cara mengembalikan ig yang di hack. harus hati hati ni di ig sekarang

    ReplyDelete
  2. Kak bisa bantu saya untuk mengembalikan akun IG engga

    ReplyDelete
  3. Kak, kok aku ga ada buat klik "-->k itu ya

    ReplyDelete
  4. Adakah kontak yang bisa dihubungi, karena saya juga kewalahan untuk mengembalikan akun saya

    Sablon Kaos Bandung

    ReplyDelete