Lalapan Ayam Paling Enak di Malang

by - December 11, 2016

Sumber Foto: www.halomalang.com
Jadi anak kosan emang harus pinter-pinter ngatur uang untuk makan. Tapi, hidup hemat bukan berarti harus makan mie instan terus. Di Malang ada nih jejeran lalapan ayam mulai dari yang lesehan sampai level restoran. Bukan Malang namanya kalau enggak berlomba-lomba nyuguhin aneka lalapan ayam dengan sambal yang bikin perut mules tapi ketagihan. 
Nah, kali ini aku bakal mengulas lalapan ayam favorit di Malang yang rasanya selangit tapi harga ngesot alias murah meriah. Kisaran harga lalapan ayam yang ada di bawah ini mulai dari 9 ribu kalian udah dapet sepiring nasi dan sepotong ayam plus sambelnya, bahkan ada tempe tahunya. Deretan lalapan ayam paling enak di Malang ini sesuai pengalaman penulis yang udah jadi langganan mereka. Apa aja?


1. Ayam Penyet Banyuwangi
Yang spesial dari lalapan ayam disini adalah sambalnya. Ada dua pilihan, sambal ijo atau sambal bawang. Sambalnya diuleg kasar (bahkan masih ada tangkainya) terus ditumpuk deh ke ayamnya. Tiap kesini, aku selalu pesen lalapan ayam sambal ijo yang cuma dipatok dengan harga 9 ribu saja. Itu udah plus tempe dan tahu. Sesuai dengan tagline-nya, "Halal Tapi Tidak Mahal" Kalau rasanya, hmm... isun sing biso lali.
Lalapan Ayam Penyet Banyuwangi udah punya banyak cabang di Malang, di MT Haryono (depan Mcd), jalan terusan Surabaya, Kerto Pamuji dan Sumbersari. Rekomen lah buat anak kosan buat ngisi perut disini.

Sumber foto: akun Instagram @evanprajongko
2. Lalapan Ayam Sambel Deso
Masih sama dengan Ayam Penyet Banyuwangi, keunggulan Ayam Sambel Deso adalah sambalnya yang terbuat dari campuran sambal ijo dan bawang. Rasanya enak aja di lidah, plus bikin ketagihan. Warung Ayam Sambel Deso sendiri sudah punya lima cabang, diantara ada di Jalan Tirto Utama Landungsari, Jalan Raya Tlogomas, Jalan Kerto Raharko Ketawang Gede, dan Jalan Merjosari. Harganya mulai dari 9 ribu kalian udah dapet sepiring nasi dan ayam ditemani sambal ijo favorit.

3. Ayam Geprak Sambal Bawang
Kalau yang no 1 dan 2 unggulannya sambal ijo, Ayam Geprak yang ini punya sambal bawang. Biarpun banyak warung lalapan (yang tentu saja) pakai sambal bawang, tapi Ayam Geprak disini sambal bawangnya beda aja. Antara sambal bawang dengan ayam gorengnya udah ada kemistrinya gitu.
Warung Ayam Geprak ini bisa kamu temui di dua tempat, di Jalan Kerto Rahayu dan Jalan MT Haryono Malang. Harganya juga masih bisa dijangkau dengan 9 ribu saja, kamu udah dapetin nasi dan ayam goreng plus sambal bawang yang gak ada duanya.

Sumber foto: www.jacmalang.com

4. Ayam D'keprek Malang
Kalau lalapan ayam lainnya punya sambal andalan, di Ayam D'keprek Malang punya bumbu andalan. Disini bumbu pedesnya gak ada yang nandingin. Sambel dicampur rempah-rempah yang bikin ketagihan. Plus, disini lauknya ada mie indomie yang dicampur bumbu rempah-rempah. Kalau kesini aku pesen Mie Keprek dan telor. Jadi ada satu porsi nasi, mie indomie instan, telor dadar, plus dikasih bumbu rempah-rempah. Wenak puol.
Ayam D'keprek Malang buka dua cabang, di Jalan Kertosentono Ketawanggede dan Jalan Merjosari. Sabi lah mampir kesini.

Sumber Foto: akun Instagram @putrirahmahh
5. Ayam Nelongso dan Mak Tin
Kenapa aku jadiin satu karena mereka kakak adik alias satu manajemen. Mereka berdua sama-sama punya sambel yang bisa bikin perut mules. Serius. Tiap pulang dari Ayam Nelongso atau Mak Tin, jadi rajin ke kamar mandi. Tapi ya gitu, pedesnya nagih banget.
Di Ayam Nelongso, sambalnya hanya satu pilihan yakni sambal bawang. Sedangkan di Mak Tin, selain pelayanannya pakai presmanan juga ada 14 sambal yang berbeda. Itu pun kamu bisa ambil sambal sepuasnya.
Ayam Nelongso dan Mak Tin enak mana?
Menurutku semuanya enak sih. Kalau di Ayam Nelongso, pilihan sambalnya cuma satu tapi ayam gorengnya hangat karena pesan dulu baru digoreng. Sedangkan di Mak Tin, pengunjung bisa ambil makanan dan sambalnya sendiri. Karena layanannya presmanan, jadi beberapa menu udah mulai dingin gak fresh from wajan/kuali jadi ya kembali lagi, sesuai selera.
Sumber Foto: ngalam.co
Nah, itu lah deretan lalapan ayam di Malang yang jadi langgananku ngisi perut. Buat kamu penghuni baru Malang, gak ada salahnya #exploremalang dengan mampir ke beberapa kuliner lalapan ayam. Dan... kalau ada rekomendasi lalapan ayam yang enak dan punya sambel yang delicious bisa komentar di bawah ya. Hidup anak kos! Hidup lalapan ayam!


You May Also Like

0 comments