Lima Barang Penting Untuk Persiapan nge-Kos

by - November 19, 2016


Sumber Foto: huffngtonpost.com

Hai temanku. Kali ini aku mau bagi tips persiapan untuk nge-kos, barang apa aja yang harus kalian bawa. Apa yang aku bagikan dibawah ini menurut pengalaman pribadi yang udah sering merantau di kota orang dan hidup di kos. Kenapa barang-barang ini harus disiapkan? Karena fasilitas standar kos yang biasa hanya menyediakan satu colokan, kasur, dan lemari. Sisanya kamu harus bawa sendiri untuk membuat tempat istirahatmu senyaman mungkin. Bagi kamu yang bingung apa yang harus disiapkan sebelum merantau dan nge-kos di kota orang, berikut barang-barang yang harus kamu persiapkan.


1. Bawa Baju Secukupnya

Nah, ini hal yang perlu diperhatikan. Jangan bawa baju berlebihan. Bawa baju yang kamu perlukan, jangan semua isi lemari dibawa. Paling tidak mencakupi baju tidur, baju main, baju ke kantor/kuliah, dan handuk. Bawa sedikit saja. Kenapa? Karena disana nanti kamu pasti beli baju baru yang akan membuat baju yang kamu bawa dari rumah jadi tumpukan di lemari. Jadi, "secukupnya" itu penting. Selain mengurangi berat bagasi, memudahkanmu untuk membawanya selama perjalanan. Jangan lupa bawa perlengkapan daleman ya, itu juga penting.


2. Bawa Colokan


Untuk yang mau memulai kuliah atau kerja, pasti kamu bawa barang elektronik lain seperti laptop, heater, kipas angin, bahkan rice cooker. Jadi, alangkah baiknya dari rumah kamu sudah membawa colokan listrik entah itu oloran atau colokan T. Kenapa? Karena kamu "pasti" membutuhkan colokan lebih dari satu untuk charger hape, charger power bank, charger laptop, kipas angin, dll. Untuk menghidupkan mereka gak mungkin cuma satu colokan listrik saja 'kan? Nah, kalau kamu tidak membawanya dari rumah, kamu dapet pe-er untuk membelinya di toko--yang pe-er lagi karena kamu tidak tahu dimana mencarinya di hari pertama kamu membutuhkannya. Jadi, siapkan colokan ini dari rumahmu ya. 



Sumber Foto: news.ralali.com

3. Penggantung Baju (hanger)


Kenapa penggantung baju penting? Percayalah, di hari pertamamu kamu akan membutuhkan benda ini. Benda ini bisa menggantung baju-baju kering kamu yang nampak kusut, pasti kamu butuh pakaian rapi di hari pertama atau kedua kamu keluar 'kan?

Selain itu, hanger ini membantu mengeringkan baju yang kamu cuci. Kalau kamu anak manja yang suka laundry dan tidak suka cuci baju sendiri, paling tidak kamu bisa menggunakannya untuk mengeringkan pakaian dalammu. Minimal kamu persiapkan satu lusin hanger untuk kebutuhanmu di awal-awal. Jika dirasa kurang, kamu bisa membelinya lagi di tempat kosmu berada. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan barang ini dari rumah.


Sumber Foto: ikea.com

4. Sprei


Nah, barang ini sering diabaikan. Percayalah, tidak semua kamar kos menyediakan fasilitas sprei. Ada pun, kadang sudah kotor dan berdebu. Sebagian orang belum tentu nyaman dengan sprei kos lama. Masih untung kalau ada spreinya, kalau kasurnya bener-bener telanjang gimana? Nah, pe-er banget 'kan di hari pertama udah capek-capek perjalanan harus nyari sprei yang pastinya kamu gak tau belinya dimana. That's why, barang ini harus kamu siapkan dari rumah. Kamu bisa minta bantuan ibu atau kakak perempuanmu untuk mempersiapkannya. Sebelumnya, kamu harus kroscek dulu berapa ukuran kasur kamar kosmu dengan menanyakannya kepada pemiliknya. Biasanya, sprei untuk kamar sendiri itu single bed atau ukurang 120 x 200. Intinya, kamu bisa konsul dulu ukuran kasur dengan ibu kos biar lebih enak.



Sumber Foto: cdn.designrulz.com

5. Pengharum Ruangan



Kenapa pengharum ruangan penting? Karena kamar kos itu pasti berjejeran dan tidak semua kamar kos punya jendela. Sebagian besar kamar kos itu pengap. Itulah sebabnya pengharum ruangan itu dibutuhkan. Buatlah ruanganmu yang tidak luas itu senyaman mungkin. Belum lagi kalau kamu perokok dan suka merokok di kamar kos, wajib punya pengharum ruangan ya. Meskipun tidak ada yang memperhatikanmu di sana, paling tidak kamu masih peduli dengan kenyamananmu di tempat kamu tinggal. Pengharum ruangan bisa berupa semprotan otomatis atau pengharum ruangan yang berupa jel. Jika ruanganmu wangi, orang yang berkunjung pasti segan berlama-lama disana meski sempit.

Nah, itu dia lima barang penting yang harus dipersiapkan dari rumah. Lalu, bagaimana dengan perlengkapan lainnya? Oke, pasti kamu bingung karena pengen bawa ini itu. Beberapa barang yang bisa kamu beli di tempat baru kamu antara lain; keranjang baju kotor, setrika, kipas angin, hanger tambahan, meja belajar portable, cermin (kalau misal di kamar tidak ada), jam dinding, dan seterusnya sesuai kebutuhanmu.


Berikut checklist sederhana yang sekiranya bisa membantu kamu mempersiapkan barang-barang yang harus dibawa untuk nge-kos.

- Baju tidur (2 pasang)
- Baju main (4 kaos, 2 celana jins)
- Baju kampus/kantor (5 kemeja, 2 rok/celana sopan)
- Pakaian dalam
- Aksesoris (kalung, kacamata, topi; bawa 1/2 saja jangan semuanya)
- Jaket/cardigan/sweater (2)
- Pasta gigi, sikat gigi, sabun cair, shampoo
- Sisir rambut
- Handuk 
- Sprei kasur, sarung bantal dan guling
- Hanger baju (12)
- Colokan
- Charger hape, powerbank, laptop, dll
- Selimut tipis (kalau kebesaran, jangan dibawa. Beli baru di tempat kamu nge-kos)
- Pengharum ruangan
- Handbody
- Tas make up + isinya
- Obat yang dibutuhkan
- Tisu travel pack (nanti kamu beli tisu yang besar kalau sudah di kos kamu berada)
- Slingbag (2, bawa tas main secukupnya, sisanya beli sendiri di tempat yang baru)
- Sandal jepit (1)
- Sneaker (1/2 aja cukup)
- Mukena & sajadah
- Tumblr


Semoga tulisan dan checklist diatas membantu kamu ya. Yang harus diingat, jangan bawa barang-barang yang kamu inginkan tapi yang kamu perlukan. Kamu tidak perlu bawa barang-barang koleksimu. Karena itu cuma jadi pajangan yang menuhin ruangan kamarmu yang sempit dan ujung-ujung gak keurus. Itu saja, semoga di kehidupan barumu yang merantau penuh dengan petualangan seru ya. Jangan takut hidup di kota orang selama kamu berhati positif, optimis, dan punya tujuan yang tulus untuk merantau disana. Selamat berjuang di kota orang, ya!

You May Also Like

2 comments

  1. pagi mbak carolina, setelah dibaca baca itu semua untuk anak cewek ya . karena untuk cowok paling bawa baju ditas sama alat mandi sih hehehehe.
    ciyee background baru ya :)

    ReplyDelete