Lima Resep Jadi Manusia Produktif

by - October 27, 2016

Hai, teman-teman. Apa kabar? Kali ini aku mau bagi-bagi resep "How to be productive person" versi aku sendiri. Well, alasan kenapa aku menulis resep ini karena aku yakin banyak banget dari kalian yang kena tabiat mager alias don't have any motivation to make a move terlebih kalo kalian seorang mahasiswa. Kalo kebiasaan mager itu keterusan, maka kamu menyia-nyiakan waktu yang harusnya bisa jadi sesuatu yang berarti untuk kamu. Sayang loh menyiakan waktu untuk hal yang tidak berguna. Jadi, apa aja resepnya?

Sumber Foto: liannierios.com

1. Baca Berita Minimal 30 Menit

Di jaman sekarang, kamu gak perlu repot-repot datang ke toko buku untuk membeli koran. Aku yakin pun kamu udah gak tertarik baca koran kecuali itu memang pekerjaan atau terpaksa untuk tugas kuliah. Kenapa? Karena sekarang berita udah bisa diakses dimana-mana termasuk hapemu. Bahkan sekarang media sosial menyediakan platform berita untuk kamu baca. Tapi masalahnya, berita yang harus dibaca seperti apa?
Saranku, bacalah berita yang bisa menambahkan informasi tentang Indonesia atau dimana kamu berada. Temanya bisa kamu pilih sesuai bidangmu. Kalau kamu dari teknologi, carilah informasi terupdate tentang teknologi. Paling tidak, kamu tahu perkembangan bisnis di Indonesia dan kebijakan-kebijakan pemerintah yang baru. Kalo kamu tidak suka baca berita itu, paksa baca. Informasi/berita segar dari sumber yang terpercaya tidak akan meracunimu. Jadi, apa salahnya untuk membaca?

Satu catatan lagi, bacalah berita dari sumber yang benar dan bukan berisi tentang gosip belaka. Kamu bisa membaca berita dari ANTARA, DETIK, KOMPAS, JAWA POS, atau kalau mau yang lebih kece FORBES Online. Sedangkan berita seperti LINE TODAY itu bukan berita yang dimaksud. Karena berita yang disediakan oleh platform media sosial biasanya hanya berupa gosip dan kadang kurang penting untuk dikonsumsi. Aku yakin kamu udah pintar pilih mana berita yang bermanfaat dan tidak.

2. Jangan Tidur Siang Lebih Dari 1 Jam

Pukul tujuh pagi hingga enam sore adalah jam untuk produktif. Jadi, jangan dibuang kebanyakan hanya untuk guling-gulingan. Untuk weekend, it's okay karena di weekday kamu membuang energimu lebih banyak. But, trust me, alangkah baiknya kamu tidak tidur di jam produktif itu.

Hal yang sederhana untuk menghindari godaan untuk tidur adalah jangan tiduran. Cobalah untuk duduk dan ambil posisi yang paling enak untuk melakukan sesuatu. Melakukan sesuatu yang seperti apa? Kamu bisa meraih buku kalau suka membaca, kamu bisa meraih kertas kosong untuk menggambar, kamu bisa meraih catatan untuk menulis apa yang ingin kamu rencanakan, atau kamu bisa meraih laptopmu untuk membaca berita atau melakukan sesuatu yang ada hasilnya.

3. Jalan Ke Luar Rumah

Meskipun kamu gak ada rencana mau kemana-mana, paksa lah kakimu untuk melangkah keluar dari kamarmu. Carilah udara segar. Jangan bayangkan dulu teriknya matahari atau polusi udara. Sederhananya, kamu bisa jalan ke toko retail terdekat untuk beli minuman atau jajan. Jadikan alasanmu untuk keluar karena membutuhkan sesuatu. Siapa tahu kamu butuh beli pulsa, ambil uang di atm, atau beli makanan. Jangan manjakan dirimu dengan fasilitas yang justru bikin kamu manusia paling malas sedunia. Percaya deh, setelah memaksakan jalan-jalan di luar maka suasana hatimu akan jauh lebih baik. Itulah kenapa di film-film luar, tidak sedikit cuplikan seseorang yang stres butuh udara segar dengan jalan kaki keluar. Tidak ada salahnya dicoba 'kan?

4. Membuat Rencana (Things To Do)

Nah, kadang kalo disuruh membuat rencana apa yang harus dilakukan, sebagian orang akan menyela dalam hati. Kenapa? Karena mereka mengklaim diri mereka bukan tipe yang suka rencana tapi spontanitas. Tunggu dulu, apakah memang karakter orang terbagi menjadi spontanitas dan terencana? Kata siapa? Itu bullshit. Semua orang butuh rencana, termasuk kamu yang lagi baca ini. Membuat rencana tidak akan membunuhmu, justru sebaliknya. Jadi, hapus pikiran atau klaim akan dirimu sebagai orang-yang-tidak-butuh-rencana. Semua orang butuh, hanya saja orang enggan melakukannya. Dengan membuat plan-mapping sendiri, paling tidak kamu tahu apa yang harus kamu lakukan dan pastinya mengurangi jam magermu sebagai manusia. Sederhananya, kamu bisa merencanakan untuk hengot bersama teman (bersosial itu penting, mengurangi rasa kesendirianmu) atau kamu merencanakan untuk memanfaatkan waktu sebagai kerja part time/freelancer. Se-sederhana itu.

Sumber Foto: www.stylist.co.uk


5. Belajar Otodidak

Percaya atau tidak, mata kuliah yang kamu pelajari di kampus itu kandas ketika kamu menghadapi dunia professional atau kerja sesungguhnya. Teori-teori yang kamu pelajari itu berakhir di tumpukan skripsi yang bersarang di perpustakaan. Lalu, bagaimana dengan dunia kerja sesungguhnya? Kamu harus belajar otodidak. Apa belajar otodidak itu? Belajar otodidak adalah belajar memahami ilmu dengan caramu sendiri, kemampuan yang dipelajari sendiri. Contohnya, kamu belajar desain dengan tutorial Youtube, kamu belajar teknik SEO dengan membaca di blog-blog orang, atau kamu belajar strategi marketing dengan belajar di internet.

Keuntungan lain dari belajar otodidak itu, kamu perlahan bisa menemukan passion kamu apa. Harusnya sih, kamu malu sama dirimu sendiri di umur segitu belum menemukan passion yang sesungguhnya. Tapi, jangan khawatir. Hal itu gak akan terjadi kalo kamu mau untuk memulai sesuatu yang ada hasilnya. Tidak ada yang tidak mungkin untuk dipelajari dan dipahami. Selama kamu merasa yakin dan suka dengan bidang itu, then why not?

Sumber Foto: www.youthvillage.co.za
Setidaknya itu lima resep yang selama ini aku pegang. Intinya, jangan klaim dirimu sebagai manusia yang menganggap "ya aku orangnya emang kayak gini, sulit untuk berubah sih". No, semua orang bisa berubah. Lagipula, kamu bukan tumbuhan yang  cuma bisa  menatap matahari tapi kamu itu paduan tulang dan daging yang ditujukan untuk bergerak, melakukan sesuatu yang berarti. Waktu itu sangat berharga dan sayang banget kalau cuma dibuat buka-tutup aplikasi media sosial. Yang justru, hanya menjauhkan kamu dengan dunia nyata, jangan salahkan kesendirianmu karena selama ini kamu memang terlalu nyaman dengan dirimu di satu titik.

Well, itu saja yang bisa saya bagi. Semoga kamu bisa menemukan sesuatu yang berarti untuk hidupmu dan orang-orang di sekitar. You born here for a reason, make the reason clear and find it out by your own way. Good luck, fellas.

You May Also Like

3 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena templatenya sederhana kak. Terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
    2. heheheh sama sama dek :). karena isinya memotivasi. jadi kk sempetin mampir kesini

      Delete