Review Novel The Scorch Trials #2

by - September 19, 2015


Halo, manusia kutu buku. Novel yang dirilis tahun 2010 ini lanjutan dari The Maze Runner hasil karangan James Dashner. Seru banget loh ngikutin trilogi ini. Langsung cus ke ceritanya aja ya geng.



Novel ini diawali dengan Thomas dan teman-temannya yang dikenal sebagai Glader. Semua anggota Glader adalah laki-laki, sebelum Teresa bergabung. Para Glader telah melarikan diri dari percobaan pertama yang dikenal dengan The Maze (labirin) di novel pertama. Setelah diselamatkan oleh para penyelamat, para Glader tinggal di asrama yang untuk sementara ini dianggap "aman". Thomas terbangun oleh komunikasi telepati dengan Teresa, satu-satunya perempuan anggota Glader, yang ketakutan. 


Ketika keduanya bangun, mereka menyadari bahwa asrama sedang diserang oleh para Cranks, manusia setengah zombie yang terkena wabah virus Flare. Thomas dan Glader lainnya melarikan diri ke area umum asrama dan menemukan penyelamat mereka mati. Mereka juga menemukan Teresa telah hilang di kamarnya, mereka bertemu dengan seorang anak bernama Aris Jones. Aris menceritakan bahwa dia melarikan diri dari percobaan serupa, yakni The Maze yang dijuluki Grup B, grup yang menempatkannya sebagai satu-satunya laki-laki di grup itu.
Glader menemukan tato di leher mereka yang menandakan peran mereka masing-masing. Aris adalah The Partner, Newt adalah The Lem, dan Minho adalah The Leader. Sedangkan tato Thomas bertuliskan, "Akan dibunuh oleh Grup B".

Para Glader kembali memasuki area umum dan menemukan mayat penyelamat mereka telah menghilang. Mereka menemukan salah satu ilmuwan WICKED, organisasi yang menciptakan percobaan. Ilmuwan itu menjelaskan bahwa WICKED menggunakan mereka sebagai percobaan untuk menemukan obat virus Flare.  Dia memberi tahu pada Glader bahwa mereka telah terinfeksi dengan Flare dan dalam waktu kurang dari dua minggu, mereka harus melewat Scorch untuk menemukan tempat yang aman jika ingin sembuh.


Para Glader menyusuri Scorch melalui portal dan menemukan diri mereka di sebuah terowongan yang penuh dengan perangkap. Mereka melarikan diri ke padang gurun dan menemukan sebuah bangunan dimana seorang gadis berteriak. Thomas menyadari kalau teriakan itu familiar dan masuk ke gedung itu lalu bertemu dengan Teresa. Teresa menciumnya dan mengatakan bahwa Thomas harus menjauh darinya.


Ketika para Glader mencari persediaan makanan, Thomas mulai ingat kenangannya bersama Teresa sebelum ingatan mereka dihapus. Para Glader menemukan sebuah kota yang mendatangkan badai dan membunuh beberapa Glader. Mereka berlindung di sebuah gedung dan menemukan sekelompok Cranks dipimpin oleh pria bernama Jorge. Thomas bernegosiasi dengan Jorge dan Brenda untuk membantu para Glader melarikan diri, dengan jaminan beberapa obat vaksin Flare yang dijanjikan Thomas pada pimpinan Cranks itu.

Thomas dan Brenda terpisah dari sisa kelompok yang ada. Thomas menemukan pesan tertulis di kota yang mengatakan bahwa dia adalah pemimpin sejati. Thomas dan Brenda ditangkap oleh sekelompok Cranks. Minho menyelamatkan mereka dengan bantuan Glader lain, tapi Thomas tertembak di bahu dengan peluru berkarat yang membuatnya terinfeksi.

Infeksi Thomas memburuk, WICKED menangkap Thomas untuk menyembuhkan luka-lukanya. Thomas kembali sembuh dan bergabung dengan para Glader. Thomas menjelaskan bahwa WICKED tidak bermaksud menembaknya dan mereka menganggap alasan itu penting. Thomas menerima pesan telepati dari Teresa dan memperingatkannya, sesuatu yang buruk akan terjadi namun gadis itu tidak bisa membantnya.




Para Glader menemukan Grup B yang dipimpin oleh Teresa. Grup B menahan Thomas sebagai tahanan dan Teresa berencana membunuhnya. Para gadis Grup B mengatakan pada Thomas bahwa Teresa tidak pernah menyukainya, bahkan ciuman sebelumnya bukan kehendak Teresa. Teresa dan Aris mendatangi Thomas. Mereka mengatakan bahwa selama ini hanya memanipulasi Thomas. Selagi pingsan, Thomas ingat beberapa kenangan hubungan Teresa dan Aris sebelum memasuki Maze.

Akhirnya, Thomas diselamatan oelh Teresa dan Aris. Mereka menjelaskan bahwa mereka dipaksa oleh WICKED untuk membuat Thomas merasa benar-benar dikhianati, jika mereka tidak memenuhi misi WICKED, mereka mengancam akan membunuh Thomas. Thomas adalah konflik, tapi mereka tak akan percaya WICKED lagi.

Para Glader dan Grup B mencari lokasi dimana safe haven seharusnya, tapi mereka diserang oleh monster ciptaan WICKED. Thomas terpisah dari teman-temannya, dia diisolasi untuk jangka waktu yang sangat panjang. Teresa berkomunikasi telepati dengannya, mengatakan bahwa Thomas telah menyerah pada Flare. Thomas menjawab, dia meminta Teresa untuk meninggalkannya sendirian. Sebelum telepati terputus, Teresa mengatakan "WICKED is good".


Hfft, baca reviewnya aja pasti bikin tegang ya, apalagi baca novelnya. Well, geng, namanya juga novel distopia yang mengatasnamakan "trial" (percobaan). Jadi wajar aja kalo plotnya dibikin bingung dan pusing. Karena memang bapak James Dashner menginginkan itu. Selamat menikmati cerita yang membingungkan tapi seru ini ya.

You May Also Like

0 comments