NOVA: GAMPANG KOK!

by - May 10, 2014

 

Masih ingat 'kan sama anak kecil umur lima tahun yang hobinya ngerecokin orang? Ya, siapa lagi kalo bukan Nova. Sebenernya dia bukan ngerecokin orang, cuma pengen dapet perhatian dari orang lain. Maklum lah, anak kecil, attention seeker.


Lumayan lama ya gak ngepost tentang perkembangan anak ini. Perubahannya sih, dia tetep bergigi kelinci, nakal (sudah pasti), dan hobi bikin mama berkicau. Karena apa, bukan kelainan sih, Nova tipe anak yang hiperaktif. Dia gak bisa diem, kayak ulat nangka. Dia punya dunia sendiri (bukan autis lho ya), kelihatan dari cara dia bermain sendiri di ruangan dan melakukan monolog seolah dia sedang berperan sebagai Liona dalam serial Paddle Pop. Nah, sesuai referensi yang aku baca di google, anak hiperaktif itu memang gak bisa diem, sulit mencerna nasihat orang tua, mengabaikan aturan yang mengekang, dan risk taker. Itu penyebabnya Nova sering dimarahin sama mama, takutnya, anak hiperaktif itu kalo kemauannya gak diturutin bisa melakukan hal yang tak terduga. Seperti naik menara operator atau terjun ke lantai tinggi (baca di berita). Dan sebagai kakak yang mengerti karakter adiknya, udah jadi kewajiban buat ngasih perhatian yang intens buat Nova. Anak hiperaktif gak perlu dimarahi atau diberi nasihat (itu tidak terlalu berpengaruh baginya), hanya saja dengarkan dan hargai keberadaan mereka.

Nova sekarang mau naik ke jenjang pendidikan dasar. Kemarin dia ikut try out yang diadain di SDN 2 Genteng. Pesertanya 200 lebih. Waktu ditanya mama usai tes, "Gimana? Bisa soalnya?"
Dengan entengnya, Nova jawab, "Guampang. Kuecil-kuecil soalnya." dengan jemari seperti buang upil ke udara.

Aku yang jauh dari rumah alias ada di Malang, cuma bisa doain. Aku sih whatsapan sama mama, nanyain gimana kabar di rumah dan gimana hasil try out nova. Ekspektasi mama sendiri, pengennya Nova masuk 60 besar. Padahal nih, padahal, yang dipilih cuma 15 besar. Ya biarlah, mungkin dengan masuknya Nova di empat kalinya kategori hasil try out membuatnya bangga.



Dan hasilnya, menggemparkan. Bukan kayak di film-film, YAY NOVA JUARA SATU!! DIA MASUK KATEGORI 15 BESAR!!!
Itu
Cuma
Khayalan.

Aku gak tau bisa bedain mana rasa prihatin dan humor yang tinggi, karena hasil try out Nova yang katanya soalnya dibilang "gampang" itu...dia urutan nomor....maaf, 217. Dengan penjelasan dari mama pesertanya berjumlah dua ratus lebih.



Setelah diusut dari pengakuan Nova, ternyata dia hanya menjawan 10 soal dari 20 soal yang diajukan. Logisnya, aku cuma bisa bilang "YAA IYALAAH GAK HERAN DIA DAPET URUTAN TERAKHIR". Itu pun dari 10 soal belum tentu bener semua. Ya Tuhan...

Yang bikin terharu, di acara HITAMPUTIH ada Sophie dan anaknya, Imanuel, intinya mereka menunjukkan kasih sayang antara ibu dan anak yang patut dicontoh. Waktu mama nanya seberapa besar Nova sayang mama, anak kecil hiperaktif itu jawab: "Sebenernya aku pengen pintar, Ma. Cuma kenakalanku mengalahkanku."

You May Also Like

0 comments