Menyenangkan dan Gratis

by - January 10, 2014

Jadi mahasiswa itu kadang sibuk kadang nganggur. Kalau pas banget gak banyak tugas, nganggurnya bikin eneg. Mau jalan tapi dompet sering gak mendukung. Jadi yang dicari mahasiswa itu; sesuatu yang menyenangkan, membakar kebosanan, dan gratis.


Berhubung kata kuncinya gratis, jadi saya mencari-cari aktivitas yang gak ngabisin duit tapi nyenengin dan bermanfaat. Apa ya? Sebelum menentukan apa itu pilihannya, banyak pilihan yang aku jalani.

Yang pertama, jalan sama temen ke mal. Tadinya sih, cuma jalan liat sana-sini tiap konter terus ke foodcourt cuma beli kentang atau teh gopek. Tapi sayangnya niat dari kosan selalu gagal. Tiap ngemal selalu aja kesandung beli sesuatu yang nantinya bakal disesalin di kosan. Jadi, pilihan jalan ke mal dicoret dari list!
Yang kedua, jalan-jalan ke pasar minggu atau sebutan gaulnya car free day. Awalya tiap minggu pasti main ke sini, soalnya dikiranya disana murah-murah dan cocok untuk nongking sama anak-anak. Ternyata perkiraannya salah, disana tuh gak murah, tapi gak mahal juga (ah, gimana sih?) tapi ya standart lah. Maksudku, kalau main ke sana gak bakal deket sama yang namanya hemat dan bikin dompet keperes lagi. Maka dengan ini saya nyatakan menghapus pilihan ini. Sejak menyadari ini, saya jadi jarang main ke pasar minggu. Terakhir kesana kapan ya, mungkin udah sebulan lebih gak kesana, eh, enggak, dua bulan yang lalu.

Yang ketiga dan yang terakhir. Berawal dari ngerjain tugas sama temen di perpus kota Malang, aku coba masuk ke ruang 800. Disitu ada banyak banget buku fiksi baik karya anak bangsa maupun novel terjemahan. Memang sih aku buku kutu buku, kendalanya karena aku tuh gak pernah beli buku. Maaf ya masa lalu, dulu aku mikirnya ngapain sih beli buku, mending beli baju atau sepatu.
Tapi pas temen bilang, "Buku itu investasi abadi, Lid. Rugi kalau gak hobi baca."
Meski kalimatnya sederhana, tapi itu nempel di hati sampai sekarang. Sejak itu, aku rajin ke perpus, bersedia jadi membernya, dan gak pernah absen tiap balikin buku langsung minjem buku yang lain. Anehnya, transformasi jadi orang yang pemalas jadi pembaca emang sesuatu banget. Sesuatunya itu, dengan membaca dapet beberapa informasi yang menarik dan gratis.
Sangking hobi bacanya, sehari bisa ngabisin 577 halaman alias satu novel. Dengan hobi baru ini, yang-tadinya-saya-gak-ngerti-apa-apa, jadi ngerti penulis-penulis handal seperti Michael Scott, JR Tolken, Christoper Paolini, Suzane Collin, Stephanie Meyer, JK Rowling, dan Dan Brown.

So, buat kamu yang mau cari kesenangan yang bermanfaat dan gratis, cari apa yang kamu suka, gak harus membaca. Bisa jadi olahraga, nonton film, dan masih banyak lagi yang kamu lebih tau daripada saya. Baiklah, itu aja ya. Selamat bersenang-senang, awesome people!

You May Also Like

0 comments