Aturlah Waktumu Sebelum Waktu Mengaturmu

by - January 17, 2014

Sumber foto: blogs.discovermagazine.com

Waktu itu punya banyak arti dan definisi yang sangat luas. Mewakili semua unsur di dunia ini. Dan waktu mencakup semuanya. Meski jam di tangamu mati, waktu tetap terus berputar. Tapi waktu tidak bisa diputar ke depan atau ke belakang. Berjalan seperti adanya dan tidak ada yang bisa menebak kapan dan apa yang akan terjadi.

Waktu bisa membuka luka lama jika mengingatkan kita pada masa lalu yang kelam, tapi waktu juga menyembuhkan luka yang menganga tertutup kembali dengan seiring bergantinya musim dan bertambahnya usia.
Uang bisa membeli segalanya tapi tidak sanggup membeli waktu. Waktu milik semua orang tapi waktu dapat membuat orang tidak adil memutuskan dan membagi.

Waktu dapat merubah orang. Orang berubah karena waktu. Kemarin dia jahat, pasti besok dia akan baik. Kemarin dia marah, besok dia akan ceria. Waktu mengajari dan membiarkan kita belajar dari pengalaman masa lalu, entah itu pahit atau manis. Dengan waktu, orang yang masih menangis di setiap malam berubah menjadi orang dewasa yang akan berjanji tidak akan menghabiskan waktu berharganya dengan menangis sambil memeluk guling kesayangannya sambil mengingat masa lalu yang tidak akan mungkin terulang kembali.


Di dunia fana ini tidak ada yang abadi. Kecuali waktu dan perubahan. Manusia adalah makhluk yang tumbuh dan berkembang kemudian termakan usia hingga ajalnya tiba. Kesempatan yang diberikan juga tidak banyak. Jadi, selagi masih punya darah muda, masih punya energi dan banyak waktu, selagi belum terlambat, manfaatkanlah segala waktu di usiamu berharga. Bagaimana caranya? Temukan sendiri.

Masalah dengan waktu adalah; jangan menunda-nunda. Berterimakasihlah selama masih ada kesempatan untuk berterimakasih. Minta maaflah selagi ada kesempatan untuk menghapus dosa lama. Dan jujurlah, ungkapkanlah selagi nafas masih berhembus, selama waktu belum beranjak dari kesempatan di tanganmu.

You May Also Like

0 comments