Tips Berhemat ala Anak Kost

by - October 03, 2013

Sumber: www.nigerianinfopedia.com

Mengatur keuangan itu gak semudah mengatur jadwal kencan sama pacar maupun selingkuhan. Uang itu ibarat jadian sama cowok ganteng atau cewek cantik, susah dapetinnya tapi gampang banget ilangnya. Apalagi untuk anak kos, udah bukan hal asing lagi kalo uang jajan bulanan awetnya cuma di tanggal muda aja. Oleh karena itu, penting lah untuk kita mengatur dan menekan pengeluaran yang gak penting. Kasian ibu bapak dirumah, mereka banting tulang sedangkan kita di kota rantau have fun menikmati uang yang bukan hasil keringat sendiri.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu, mungkin nih ya...baca lagi, "mungkin". Hehe.

1. Mandi
Mandi itu cuma mitos. Mandi itu juga boros. Bayangkan saja kalo kamu mandi dua atau tiga kali sehari, udah ngabisin berapa tetes sabun cair, pasta gigi, dan kasian juga tetangga kamar kosan yang gak kebagian air karena bak mandinya jadi kosong gara-gara kamu. Dan, buat cowok, jangan boros sabun. Catat!

2. Rambut
Kenapa rambut jadi masalah? Coba bandingkan intensitas tetesan shampo yang punya rambut pendek dengan rambut panjang? Banyakan mana? Borosan mana?
Demi hemat, rambut tuh gak usah dibikin kuntilanak. Belum lagi buat cewek, rambut panjang itu kalo gak perawatan pasti jadinya kayak rambut singa. Buat cowok, biar hemat dan pengen keliatan cakep, potong cepak aja udah keliatan macho kok :D

3. Makan
Makan adalah salah satu faktor utama untuk memenuhi hidup setelah sandang dan papan. Kamu, kalo gak makan, bakal koid. Sebagai anak kosan, prinsipnya adalah banyak teman banyak rejeki. Kalo kamu pengen makan gratis, pastikan kamu punya banyak teman yang punya tanggal lahir beda-beda. Lumayan kan ditraktir ultah, masalah kado mengado sederhana saja. Bungkusin aja dia satu botol kecap atau obat nyamuk 1 pac, itu sudah berguna banget buat dia.
Dan kamu harus terbiasa dengan menu makan di tanggal tua; mie bungkus diremes-remes itu not bad lah buat asupan gizi di akhir bulan.

4. Transportasi
Karena naik motor itu selain boros bensin juga udah mainstream. Jadi pilihlah transportasi yang jarang orang makek, misalnya aja nyewa elang atau harimau yang bisa terbang. Kamu akan terbebas dari biaya bahan bakar dan terhindar dari kemacetan. Atau kamu bisa pura-pura dirampok, siapa tahu ada spiderman datang dan dengan baik hati mengantarmu ke kampus. Oh ya, hati-hati sama spiderman, dia agak cabul. Biasanya dia gak mau pergi sebelum dicium, buat yang cowok hati-hati aja ya :)

5. Malem minggu
Hang out itu gak perlu go out. Buat yang jomblo, udah...diem aja dikosan. Nanti kalo keluar malem diculik sama om-om atau tante-tante girang lho, hi...serem...
Buat yang pacaran, jarak dekat maupun jarak jauh, ada media skype kok yang gak bikin dompet bocor. Atau kamu bisa main monopoli sama ibu/bapak kos, biar gak bosen.

Kesimpulannya, apapun yang kamu inginkan belum tentu harus dituruti semua. Buat yang shopaholic, sudah saatnya untuk bertobat. Jangan bangga dulu beli ini beli itu masih pakek duit orang tua. Kamu, mahasiswa, kaum intelek, malu sama gelarnya kalo tingkahmu gak konsisten dengan status dan peran yang kamu bawa dari rumah.
Oke, sekian dan terimakasih.

You May Also Like

2 comments