Berubahlah Jika Itu Kemauanmu

by - July 15, 2013


Berubahlah jika itu kemaumanmu. Berubahlah ketika situasi dan kondisi tidak sinkron, berubahlah jika semua keadaan tidak terkendali, dan berubahlah jika ingin berubah.
Tidak ada yang pernah melarang untuk sebuah perubahan. Movement to be better. Kita tidak pernah bisa menebak, apa perubahan yang kita pilih menuju jalan yang benar atau buruk?


Untuk aku sendiri, selama ini perubahan dengan gejolak berbagai emosi dari berbagai faktor mengubahku menjadi lebih dari seonggok daging yang hanya bisa berjalan dan bicara. Lebih dari itu. Melewati waktu paling melelahkan sampai penantian waktu yang tak kunjung datang. Aku terlalu sibuk dengan egoku sendiri sampai tidak bisa menikmati setiap detik, setiap menit, setiap jam yang mengaruniaiku sebagai remaja 17 tahun yang memiliki momen-momen indah.
Aku mengira 17 tahun adalah usia yang manis. Kenyataannya, tak semanis yang mereka katakan. Aku melempar ratusan gulungan kertas keinginan dalam botol ke laut lepas, berharap diantara mereka berkelana dan sampai ke tempat tujuan. I was wrong. Mereka justru tenggelam karena ambisi yang terlalu berat dan obsesi yang membunuh logika.
Jadi, apa yang aku dapatkan? Harapan yang terhempas angin lalu melapuk menjadi debu?


Oh, tidak. Aku mendapatkan lebih dari yang aku inginkan. Ternyata kesalahanku sejak dulu; Aku tidak sungguh-sungguh bersyukur dengan apa yang aku miliki. Aku selalu memandang ke atas, iri dengan apa yang mereka punya, dan tidak sempat memikirkan atas apa yang orang tua capai untuk anaknya.
Mungkin iya benar, aku terlalu memanjakan waktu, membuang-buangnya dan meremehkannya. Tapi sekarang aku cuma pengen mengevaluasi perubahan yang aku alami. Mulai dari menilai orang, membicarakan orang, sampai memperlakukannya. Karena efek samping dari semua itu adalah tamparan keras yang dijadikan guru terbaik dalam buah kehidupan.

You May Also Like

0 comments