Bikin Sarapan :3

by - June 03, 2013

Setiap pagi yang bikin sarapan itu mama. Tugasku di pagi hari cuma bersih-bersih rumah dan jagain farel. Tapi pagi ini, ada yang beda.
"Hari ini kamu yang masak. Kalo gak belajar mulai dari sekarang, gimana kamu ngekos nanti?" ujar beliau.
Denger itu langsung...gleg. Sebenernya aku sih mau aja bikin sarapan, yang bikin aku gak mau; gimana nanti kalo orang serumah keracunan?


Karena basicnya gak bisa masak dan gak tau bumbu-membumbu. Jadi milih menu sarapan yang sederhana dan umum. Tempe penyet, goreng udang dan adonan dadar jagung yang ada di kulkas tinggal goreng aja. Endingnya nanti bikin sambel trasi. Simple, lets do it.

Langkah pertama, potong-potong tempenya. Karena gak pakek penggaris, jadi potongan tempenya variasi bentuknya. Habis itu bikin bumbunya; garam halus campur air trus diaduk-aduk. Langsung ke penggorengan, sebelum goreng tempe yang masih direndem bumbu itu, aku duluin goreng dadar jagung sama udang yang keliatannya mudah.
Lanjut goreng tempenya--> ini nih yang bikin deg-degan. Takut goshong.
Karena takut akan kegosongan, sampek rela berdiri gak peduli diterjang angin atau ombak demi memantau perkembangan si tempe di lautan panas.
Sambil nungguin si tempe, aku belajar sesuatu. Menunggu dengan sabar dan menunggu dengan penuh harapan tak menentu akan beda hasilnya. Grup tempe gorengan pertama, aku nungguin dengan tujuan tempe ini gak gosong. Jadi sebelum coklatnya menghitam, aku buru-buru angkat mereka. Setelah aku cicipin tempenya...mateng sih, tapi kurang sedep karena gak gurih dan renyah.
Grup tempe kedua, aku nungguin dengan tujuan supaya tempe ini bener-bener mateng. Gorengnya emang agak lama, butuh kesabaran dan ketelitian bolak-balikin mereka. Dan aku cicipi tempe yang terakhir, rasanya pas dan enak. 
 
Gak ada yang gosong. Aman.
Kesimpulannya, menunggu tanpa adanya kesabaran tidak akan mendapatkan hasil yang sempurnya, bisa saja goshong atau belum matang. Sedangkan menunggu dengan kesabaran, walopun tidak seperti yang diharapkan, hasilnya berkesan dan bisa dinikmati.

You May Also Like

0 comments