1000km "Catatan Hubungan Jarak Jauh"

by - June 06, 2013


Terkadang gagasan tentang seseorang lebih menarik daripada kenyataannya. Karena itulah hubungan cinta jarak jauh bisa berhasil. Bayanganmu tentang kisah cinta yang sempurna tidak akan ternodai oleh bau nafas, kebiasaan buruk, dan orangtua yang memalukan. Pasangan sejiwamu akan selalu menjadi orang yang kauinginkan dan kauharapkan. Kekurang terbesarnya adalah, pasangan jiwamu tidak pernah ada didekatmu. Masalah baru benar-benar dimulai ketika pasangan dalam hubungan jarak jauhmu ternyata adalah perasaanmu sendiri. (Kutipan ini diambil dari Novel Ghost Girl)

Memang benar ya, LDR itu adalah hubungan paling istimewa yang pernah ada. Walopun sering dieluh-eluhkan sebagian orang; banyak ngeluarin pulsa lah, jarang ketemu lah, dan tidak ada bukti kalau dia benar-benar setia, tapi yang mengistimewakan hubungan ini adalah kepercayaan dan loyalitas yang tak ada tandingannya. 

Distance doesnt matter, if two hearts are loyal to each other. 

Masalah terbesarnya hanya ketidakmampuan dua perasaan untuk bertemu, bertatap muka langsung, dan mengatakan "aku kangen kamu" secara lisan, bukan lewat pesawat telepon. Mungkin ada juga beberapa pasangan yang menganggap hubungan jarak jauh adalah memperburuk suatu hubungan dan perasaan akan hilang kalau mereka tidak bertemu setiap hari. Tapi percayalah, mencintai dari jarak jauh bisa menguji seberapa kuat loyalitas yang dibawa, dan seberapa besar mereka bisa saling mencintai.

Jarak bukan masalah sama sekali. Miles doesnt mean anything. Tidak ada dinding tebal yang dapat menyekat maupun memisahkan dua insan yang sedang merindu. Walopun ungkapan rindu itu jarang sampai pada penerima, hanya dapat disampaikan pada bulan dan bintang yang setia mendengarkan. Jarak hanya berarti sangat sangat kecil, ketika ada seseorang yang lebih berarti banyak. Bahkan Vanessa Carlton sepertinya setuju, dengan lagunya A thousand miles yang mengungkapkan jarak tidak ada apa-apanya dibanding perasaan saling memiliki.

Bukan berarti dalam LDR godaan ringan, justru berat. Bertemu dengan orang-orang baru, berbeda, dan menarik, itu rintangan paling berat dalam LDR. Jatuh cinta berulang kali itu wajar, mengenal pada yang baru itu masih wajar dan kalau pikiran dibawa kemana-mana tapi hati tetap berada di satu tempat nan jauh disana, itu sempurna. You did it, and its perfect.
Tapi ketika merasa gagal untuk mempertahankan sebuah kepercayaan, maka ingatlah lagi. Jangan pernah kecewakan dia yang jauh disana, yang dengan bangga berkata pada temannya "Ya, aku emang LDR-an sama dia. Tapi dia gak selingkuh kok, dia setia. Kita pasangan yang sempurna."


Dan ingatlah lagi, berbahagialah yang menjalani LDR. Karena kalian tidak pernah membuang-buang waktu untuk memikirkannya, merindukannya dan bertanya-tanya kapan akan bertemu. LDR itu suatu hubungan yang bisa membuat jarak 1000km menjadi dekat saat kamu menutup mata dan melihatnya ada di sisimu, jarak terdekat antara bumi dan matahari.

You May Also Like

0 comments